Tegal – PT. Kemasan Ciptatama Sempurna Dusun Gesing, Randupitu Gempol, Pagar Gn., Randupitu, Kecamatan Gempol, Pasuruan, Jawa Timur menghibahkan mesin predator dan peralatan lainnya senilai 2 milyar, sebelumnya Kota Tegal juga mendapatkan mesin menghancur styrofoam.

Pengawas Yaksindo, Inisiator PKPS dan Direkur GIF Asrul Hosain, Hibah Mesin Predator Sampah tersebut  akan diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal dari PT. Kemasan Ciptatama Sempurna sebagai total solution permasalahan sampah dan perwujudan circular economy.

Hal ini diungkapkan Wakil Walikota Tegal, Muhamad Jumad,  Rabu (22/7) usai melakukan kunjungan ke PT. Kemasan Ciptatama Sempurna Dusun Gesing, Randupitu Gempol, Pagar Gn., Randupitu, Kecamatan Gempol, Pasuruan, Jawa Timur, Senin (21/7) guna memastikan cara kerja mesin predator tersebut.

“Saya ke Jawa Timur selain memastikan cara kerja mesin sekaligus mempersiapkan tata kelola sampah di Kota Tegal dengan  baik,”  pungkasnya

Menurutnya mesin predator berikut peralatan dan instalasi biogas lengkap tersebut  nilai total kurang lebih mencapai Rp. 2 miliar,   dan diharapkan mampu menjadi terobosan inovasi dalam pengelolaan sampah di Kota Tegal

Nantinya apa yang dilaksanakan di Kota Tegal bukan semata-mata hanya mengaplikasikan saja, tetapi dilakukan pembinaan dan edukasi di masyarakat, ” ungkap Jumadi.

Mesin predator sampah PT Kemasan Ciptatama Sempurna selama ini digunakan untuk mengolah sampah menjadi briket.

Secara teknis cara kerja mesin predator memisahkan metal dan kaca dari sampah dengan sistem kerja selama 24 jam dengan dioperasikan oleh tiga orang dengan daya hasil kurang lebih 15 ton. (red)

 

 

 189 total views,  2 views today

Detak Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *