Tegal – Enam buku sastra terbitan Perpusda Kota Tegal “Mr Besar Martokoesoemo” Kota Tegal berhasil dilaunching di Pendopo Ki Gede Sebayu. Jum’at (20/12) malam.

Kepala Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan “Mr. Besar Martokoesoemo” Kota Tegal, Moh. Afin menuturkan bahwa Perpusda Mr. Besar Martokoesoemo di tahun 2019 terus menghadirkan terobosan-terobosan guna meningkatkan literasi, seperti penerbitan buku karya masyarakat Kota Tegal.

“Kami bertekad bukan hanya sebagai pemberi layanan rekreasi baca saja, namun kami juga sebagai pemberi layanan budaya menulis dan budaya penerbitan. Mengingat Kota Tegal dikenal dengan kota sastra yang memiliki penulis handal,” ujar Afin.

Dalam kesempatannya Moh. Afin juga memperkenalkan enam buku sastra terbitan Perpusda Mr. Besar Martokoesoemo yang diterbitkan diantaranya Piek: Ziarah Di Perkebunan Randu, Soetji: Lelaki Tua dalam Tiga Peristiwa, Bontot: Dialog Sunyi, Cinta, Perempuan dan Langkah Panjang, Centong, Tumbuh Seribu di Rahim Ibu
dan Izinkan Aku Menari.

Sedangkan Muhamad Jumadi menegaskan bahwa budaya literasi sangatlah penting, baik membaca dan menulis.

“Ilmu pengetahuan, teknologi diera sekarang adalah buah dari literasi. Dengan membaca manusia mampu menciptakan teknologi dan ilmu-ilmu lainnya. Marilah kita budayakan membaca, menulis,” ujar Jumadi.

Ia juga menambahkan, literasi juga perlu diimbangi dengan perkembagan saat ini.

“Untuk memudahkan orang membaca buku buatlah versi softcopy yang bisa dibaca dihandphone. Mari mendokumentasikan apa yang ada disekitar kita dengan baik. Teruslah menulis, terutama menulis budaya kita.  Saya tentu berharap agar perpustakaan kita maju dan mampu memanfaatkan teknologi yang ada,” pungkasnya

Usai memberikan sambutan Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi melaunching enam buku sastra terbitan Perpusda Mr. Besar Martokoesoemo dengan menandatangani sampul buku.(red/Mukmin/tim)

 100 total views,  5 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.