Wakil Walikota Tegal Imbau Masyarakat Tetap Tenang, Dr.Renny Sebut Pasien Tidak Pernah Ke China

Tegal – Koronavirus atau coronavirus adalah virus dari familia Coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia. Struktur tubuh virus ini terdiri dari membran, selubung lipid bilayer, glikoprotein yang menyerupai paku, genom RNA positif, dan protein nukleokapsid. 

Terkait merebaknya virus tersebut belum lama ini, sekitar 243 warga negara
Indonesia yang dievakuasi dari Provinsi
Hubei, Tiongkok, saat ini sedang menjalani masa observasi di Pulau
Natuna sesuai protokol kesehatan yang harus diikuti sebelum mereka bertemu keluarga masing-masing.

Sementara maraknya Issu dimedia sosial adanya pasien terjangkit virus Corona di RSUD Kardinah Kota, pihak RS Kardinah melakukan Press Conference di ruang pertemuan dengan menghadirkan, Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi ST. MM. Plt Direktur RS Kardinah dr. Hery Susanto, Sp.A, Kepala Humas Pemkot Dra. Bintang Takarini, Dr. Renny A. serta staf RS Kardinah. Selasa (4/2)

Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi ST.MM yang hadir dalam press conference menyampaikan, adanya Issu pasien terjangkit virus corona masih akan melalui berbagai tahapan prosedur pemeriksaan Penelitian Pengembangan Kesehatan di Semarang, Jawa Tengah

Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi juga berpesan agar masyarakat tetap tenang dan jangan terpengaruh Issu yang ada di sosial media, serta mengajak awak media untuk bersama sama memberikan sosialisasi mengarah kepada pencegahan virus tersebut.

Sedangkan Dr.Renny A. mengatakan, pasien yang ada sebenarnya terkait pasien Suspect virus corona, ada yang perlu diperhatikan yakni adanya empat kriteria pasien.

Diantara kriteria tersebut, 1. Pasien dalam pemantauan (tata aksana adalah rawat jalan dengan di observasi oleh Fasilitas kesehatan terdekat). 2. Pasien dalam Pengawasan (sudah harus masuk ke RS .3 Pasien dengan Suspect virus corona, 4. Pasien yang sudah positif terinfeksi Corona Virus.

Dalam kajiannya terkait pasien tersebut, menjelaskan pasien selama 14 hari lalu tidak pernah melakukan perjalanan ke negara Cina atau Tiongkok, tidak ada kontak dengan penderita terinveksi Coronavirus, serta pasien tidak ada riwayat memakan hewan yang terinveksi virus dan tidak dalam suspect corona, hanya pasien tersebut satu bulan lalu melakukan kontak dengan rekannya dari negara Tiongkok.

Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi juga mengapresiasi kerja keras semua yang telah terlibat dalam pencegahaan meluasnya Coronavirus dan mengajak bersama sama menciptakan suasana kondusif, dan melalui awak media meminta kerjasama semua lapisan masyarakat jika mengetahui ada gejala gejala Coronavirus.proses mengingat
mereka ini adalah saudara-saudara kita
sendiri. (red/tim)

 553 total views,  2 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.