Detakindonesia.com – Kwan Im adalah translasi dari Avalokitesvara Bodhisattva, merupakan Bodhisatva Welas Asih. Dalam dialek Hokkian dan Hakka, Kwan Im kerap dipergunakan oleh mayoritas komunitas Tionghoa di Indonesia.

Avalokiteśvara merupakan terjemahan dari nama asli dalam bahasa sansekerta yakni Kwan Im adalah Kwan She Im Phosat, sehingga komunitas Tionghoa di Jalan Irian Kota Tegal menggunakan nama komunitasnya dengan Cetiya Avalokiteśvara Bodhisattva.

Komunitas Cetiya Avalokiteśvara Bodhisattva sebelumnya berlokasi di daerah Panggung Timur Kota Tegal, namun dalam pengembangannya, kini Komunitas yang dipimpin Rudi Santoso tersebut pindah dan bertempat tinggal di Jalan Irian.

Dalam kiprahnya berdiri sejak 8 tahun lalu dan komunitas ini kerap berbagi kepedulian, terlebih di masa pandemi dengan memberikan bantuan kepada warga berupa paket sembako.

Seperti biasanya, tepat ditanggal berdirinya Cetiya Avalokiteśvara Bodhisattva, kembali memberikan bantuan sembako kepada warga sekitar dengan sistem penukaran kupon.

” Setiap tahun kami lakukan ini dan setiap tahun pula jumlah penerima paket sembako kami tambah dengan harapan semua warga yang tinggal disekitar Komunitas Avalokiteśvara Bodhisattva dapat menerima bantuan paket sembako” ujar Rudi Santoso

Bahkan, Senin 21 Maret 2022 untuk pembagian paket sembako bagi 100 Orang warga di Jalan Irian ini dihadiri dan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Walikota Tegal,.Muhamad Jumadi ST.MM

Dalam sambutannya Jumadi selain mendukung giat Komunitas Tionghoa sekaligus berharap agar aksi peduli komunitas tersebut menjadi awal Sinergitas dalam berkehidupan di masyarakat.(red)

 147 total views,  2 views today

Redaksi