Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan sebanyak 508 fasilitas kesehatan pelayanan vaksinasi COVID-19 yang tersebar di 6 wilayah kota dan kabupaten, serta 1.648 tenaga vaksinator yang terlatih dan hingga saat ini yang telah mendapatkan dosis pertama berjumlah 53.210 orang dan dosis kedua berjumlah 2.449 orang dan tahap pertama ini dapat selesai di bulan Februari 2021

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria Pondopo Kantor Balaikota DKI Jakarta Jl. Merdeka Selatan No. 8-9 Gambir Jakarta Pusat, Jumat (29/1/2021) kepada awak media menyampaikan, “Hari ini, saya mewakili Pak Gubernur melihat pelaksanaan vaksin dosis kedua yang diberikan kepada para tokoh. Alhamdulillah, DKI Jakarta sudah mendapatkan 240.000 dosis vaksin.

Pada tanggal 14-15 Januari 2021 yang lalu, kami sudah memulai vaksinasi di seluruh wilayah Jakarta, tempatnya di Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah, dan fasilitas kesehatan lainnya,” ungkap Wagub Ariza.

Vaksinasi diharapkan efektif mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19. “Tadi saya juga tanya kepada para tokoh agama, pemerintahan, Forkopimda, dan masyarakat yang telah merima Vaksin Covid-19, mereka menyatakan tidak ada gejala serius dan mudah-mudahan vaksinasi berlangsung dengan baik, cepat selesai,” sambung Wagub DKI Ariza.

Untuk diketahui, berdasarkan data Dinkes Provinsi DKI Jakarta, sejumlah perwakilan yang mendapatkan dosis pertama pada dua minggu lalu telah memenuhi syarat divaksinasi kembali untuk dosis kedua Wagub DKI Jakarta juga menyampaikan, yang sangat penting untuk seluruh warga di DKI Jakarta adalah vaksinasi COVID-19 adalah ikhtiar bersama untuk mengakhiri pandemi COVID-19 namun tetap perlu menerapkan protokol kesehatan serta melaksanakan Gerakan 3M, yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan, tegas Wagub DKI

Adapun alur vaksinasi sama seperti pada penyuntikan dosis pertama, yaitu dimulai dari meja registrasi untuk validasi dan verifikasi data, meja kedua untuk penapisan kesehatan dengan wawancara dan pengisian form pengukuran suhu tubuh, tekanan darah, pemberian edukasi kepada peserta vaksinasi, kemudian berpindah ke meja vaksinasi dan selanjutnya ke meja observasi dan pencatatan pelaporan.

Sebanyak 21 orang perwakilan terdiri dari para tokoh pemerintah, TNI, agama dan masyarakat di DKI Jakarta yang telah menerima Vaksin Covid-19 kedua kalinya hari ini, menandakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, beserta segenap unsur masyarakat DKI Jakarta siap mensukseskan penyelenggaraan Vaksinasi COVID-19.

Wagub DKI Jakarta Ariza menjelaskan pada pelaksanaan vaksinasi ini, untuk tahap pertama diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanggulangan COVID-19 dengan jumlah target sasaran sebanyak 131.000 orang dan pelaksanaannya telah dimulai sejak Kamis tanggal 14 Januari 2021 yang lalu.(Red/KJ)

 330 total views,  2 views today

Detak Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.