Upaya Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Pemdes Kalijurang Bangun Gedung Pelayanan Kesehatan

Brebes – Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, salah satu desanya yaitu Kalijurang telah memulai upaya mandiri dalam aspek kesehatan dengan mulai membangun gedung Kesehatan, Secara simbolis, peletakan batu pertama dilakukan oleh Muspika setempat (9/1), diawali oleh Kepala Desa Kalijurang, H. Edi

Menurut Danramil 09 Tonjong Kodim 0713 Brebes Peltu Edy Burhanudin, bahwa lokasi pembangunan berada di sebelah selatan lapangan desa, yaitu Lapangan Pejaten. Letaknya sangat strategis karena di pinggir jalan utama desa. “Ini jelas akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Disamping itu juga memudahkan penanganan medis jika di dekat wilayah Kalijurang terjadi bencana alam,” ucapnya, Jumat pagi (10/1/2020).

Sedangkan Kades Kalijurang Edi Riyanto bahwa pembangunan gedung bersumber dari Dana Desa (DD) sebesar Rp. 291,7 juta yang dilaksanakan secara swakelola. “Nantinya dengan adanya gedung PKD ini, permasalahan kesehatan di desa dapat terdeteksi secara dini, sehingga bisa ditangani dengan cepat sesuai kondisi, potensi dan kemampuan yang ada,” katanya.

Pelayanan kesehatan di gedung ini meliputi pelayanan kesehatan dasar, kefarmasian sederhana, penyuluhan dan konseling, penanganan kegawatdaruratan, penanganan penyakit, rujukan, serta pembinaan kader.

Ia juga berharap keberadaan gedung dapat mendukung program Pemkab dalam upayanya meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) khususnya di bidang kesehatan.(Red/Tim Brebes)

 196 total views,  2 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.