Upaya Pemulihan Tanah Tercemar Limbah B3 di Tonjong Mulai dilakukan Perwakilan PT.RUM

Brebes – Sebelumnya diketahui adanya pembuangan limbah oleh oknum yang tak bertanggung jawab di Bantaran Kali Pedes Dukuh Satir RT. 05 RW. 09, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tengah malam (27/11/19).

Berdasarkan temuan segel dengan nomor 1803425 bertuliskan PT. RUM. Mantan Kadin DLHPS, Edy Kusmartono, sebelumnya telah melayangkan surat kepada perusahaan tekstil tersebut untuk dimintai keterangan secara tertulis (3/12/19).

Pencemaran lingkungan yang diakibatkan limbah cair B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang diduga dibuang. kini telah ditangani dengan melakukan reklamasi tanah.

Menurut Danramil 09 Tonjong Kodim 0713 Brebes melalui Babinsa setempat, Serka Iskandar, yang mendampingi upaya pemulihan tanah mulai pukul 13.30-16.30 WIB dengan menggunakan alat berat berupa excavator menyampaikan

“Tanah yang dulunya terdampak limbah cair B3, kini dilakukan pengupasan tanah sampai kedalaman satu meter, penimbunan tanah baru yang dicampuri zat penetral/pupuk organik, dan penutupan tanah kembali,” jelasnya.

Pekerjaan yang dilakukan oleh PT. RUM melalui perwakilan dari Bogor yang dipimpin korlap Arman, dikawal oleh Kepala DLHPS Kabupaten Brebes Drs. Budi Dharmawan, M.Si, Polres dari Unit 4 Tipiter, Johar Kades Kutamendala, Babinsa, Aiptu Prayit dari Polsek Tonjong serta Eko Susilo, S.Hut dari BPD Kutamendala dan masyarakat serta tokoh masyarakat (red/ Aan)

 163 total views,  2 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.