TMMD Ke 109 Brebes, Tingkatkan Perekonomian di Masa Pandemi Covid 19

Brebes – TMMD Reguler jajaran Korem 071/Wijaya Kusuma dengan Tema “Pengabdian Untuk Negeri” menjadi salah satu tonggak Bakti TNI dalam bersinergitas membangun daerah dengan kapasitas dan kapabilitas yang di miliki terlebih bagi wilayah yang masih terisolasi.

 

Sepertihalnya Jajaran Kodim 0713/Brebes tepat 22 September 2020 resmi melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di wilayah Desa Kalinusu, sebelah selatan dari Kota Brebes dan sebelumnya juga dilakukan penyerahan mandat oleh Bupati Brebes Hj.Idza Priyanti yang diterimakan langsung oleh Dansatgas TMMD Reguler/Dandim Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, di Pendopo Kabupaten Brebes.

 

Desa Kalinusu berada di Kecamatan Bumiayu, jarak tempuh yang lumayan jauh dari pusat kota ini sudah sepatutnya mendapat apresiasi dari pemerintah untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan perekonomian, bahkan untuk menuju Desa tersebut warga harus melintasi jalur hutan yang berkelok naik maupun turun lebih dari 2 km,  bisa dibayangkan jika menjelang malam tanpa lampu penerangan harus melintas menuju kota Bumiayu.

 

Mirisnya lagi bagi mereka warga Dusun Kedung Kandri yang masih tergabung dalam Desa Kalinusu, berada lebih jauh lagi dan masih ada beberapa dusun lagi, melihat kondisi ini saat menuju lokasi, kami hanya berpikir, saat kondisi ada warga yang mau melahirkan ataupun mendadak sakit berapa kilo meter mereka harus tempuh demi mengapai kesehatan.

 

Melihat kondisi ini, pemilihan program TMMD ke 109 Kodim 0713/Brebes ini sangat tepat, bahkan,  Danrem 071 Wijayakusuma, Kolonel Infanteri Dwi Lagan Safrudin, S.I.P, selaku PKP (Penanggungjawab Keberhasilan Pelaksanaan) TMMD Reguler di jajaran Korem 071 Wijayakusuma, dalam apresiasinya saat melihat langsung lokasi TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kalinusu, benar-benar akan membuka babak baru bagi Kepala Keluarga (KK) untuk segera lebih sejahtera.

 

“TNI harus terus maju untuk membantu Pemda setempat dan masyarakat, meskipun saat ini masih dilanda pandemi covid, namun semua bertujuan untuk mempercepat pemulihan perekonomian masyarakat,”

 

TNI bersama Polri dan jajaran Pemkab Btebes menjawab impian warga Dusun Kedung Kandri, yang selama ini harus naik rakit menyebrangi Kali Pemali, jika akan mendapatkan berbagai fasilitas, dengan adanya pembukaan jalan 2,2 kilometer lebar 4-6 meter itu, jelas akan mendongkrak sektor pertanian sebagai profesi mayoritas warganya, termasuk untuk mendapatkan berbagai pelayanan baik pendidikan, kesehatan  maupun pelayanan lainnya.

 

Kehadiran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menjadi harapan terwujudnya mimpi yang telah lama didambakan masyarakat, hal ini nampak tercermin ratusan warga tua maupun muda keluar rumah menyaksikan langsung apel dimulainya program TMMD dilapangan sepakbola yang sekaligus menjadi barak tempat tinggal para anggota TNI Kodim 0713/Brebes.

 

Bahkan saat menyaksikan Apel TMMD, kami melihat pancaran Guratan dari wajah bersenandung ceria masyarakat Desa Kalinusu, seakan mereka tak percaya bagai mimpi jika antar dusun akan terhubung jalan. Secara khusus jalan itu dibangun untuk warga setempat dalam mendongkrak ekonomi, memangkas biaya angkut panen. Sedangkan secara umum juga memfasilitasi para pemilik lahan pertanian di sekitar Kalinusu maupun kepentingan laiinya.

 

Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE, MH, kepada wartawan selepas meresmikan secara simbolis program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes,

 

TMMD Reguler Untuk Membangun Kesejahteraan Segala Profesi Masyarakat Kalinusu dengan pembangunan akses jalan secara gotong royong, diharapkan masyarakat di salah satu dusun yang terisolasi di Desa Kalinusu, yakni Dusun Kedung Kandri, dapat dengan mudah melakukan segala aktivitasnya, baik itu pertanian, barang dan jasa, pendidikan, maupun mudah untuk mendapatkan fasilitas kesehatan terdekat.

 

Lebih lanjut Bupati Brebes Hj.Idza Priyanti dengan tegas menyampaikan, Jajarannya  mendukung sekali pembangunan sarana dan prasarana masyarakat di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah yang dalam kategori tertinggal infrastruktur akses jalan. (red)

 33 total views,  2 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.