Tegal – Hari jadi ke 441 Kota Tegal yang jatuh pada 12 April 2021 selain dilaksanakan upacara dan tasyakuran di lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Wali Kota Dedy Yon Supriyono melakukan ziarah makam Ki Gede Sebayu yang terletak di Desa Danawarih Kabupaten Tegal.

Hari jadi Kota Tegal tahun 2021 ini selain dirayakan dengan sederhana, pasalnya wabah covid 19 masih belum berakhir dan belum diketahui kapan akan usai dan tak lama lagi dalam hitungan hari akan memasuki Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijiriah sehingga peringatan Hari Jadi Kota Tegal berbeda dengan tahun sebelumnya.

Dedy Yon dalam arahannya saat upacara peringatan Hari Jadi Ke 441 Kota Tegal di halaman Pendopo Balaikota Tegal, Senin 12 April 2021 mengimbau masyarakat dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H agar dalam pelaksanaan ibadah saat bulan Ramadhan 1442 Hijriyah tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

‘’Saya minta masyarakat untuk menggunakan masker bila di luar rumah. Lakukan physical distancing, cuci tangan dengan sabun yang disediakan di masjid dan musholah,’’ ujar Wali Kota

Selain itu, Dedy Yon mengingatkan agar saat sahur dan buka puasa dilakukan di rumah, tidak perlu sahur “on the road” ataupun kegiatan buka bersama yang mengundang banyak orang. Hal tersebut sesuai Surat Edaran Kemenag No. 03 Tahun 2021. Sahur dan buka puasa bersama hanya boleh paling banyak 50% kapasitas ruangan dan hindari kerumunan.

Terkait kegiatan di masjid atau mushola, menerapkan protokol kesehatan serta membawa sajadah dan mukena masing-masing. Kemudian pengajian/ceramah/tausiyah/kultum Ramadhan dan kuliah subuh paling lama dengan durasi 15 menit. Selanjutnya Pengurus dan Pengelola masjid/mushola menerapkan protokol dan melakukan disinfektan secara teratur.

Menyoal pelaku usaha dan pedagang petasan dan kuliner, Dedy Yon berharap agar mengikuti aturan Pemerintah Kota Tegal, khusus bagi pelaku usaha kuliner untuk tidak membuka dagangan secara terang-terangan.

‘’Jangan ada penjualan petasan yang bisa menganggu kekhusyuan ibadah Tarawih. Bangun pengertian antar warga sehingga Kota Tegal yang sedang giat membangun tidak terganggu oleh kegiatan yang kontra produktif. Jadikan momentum bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah ini jadi perekat persatuan dan persatuan sesama warga,’’ pungkas Wali Kota (Red)

 324 total views,  1 views today

Detak Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.