Tarikan Beksan Wanara, Taruna AAU Kulonuwun ke DIY

Yogyakarta – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menghadiri Kirab Taruna AAU, Selasa (18/02) di Titik 0 Km, Yogyakarta. Acara ini adalah sebagai bentuk permohonan restu kepada Gubernur DIY, Wagub DIY serta seluruh warga DIY, sebagai langkah awal Kopral Taruna AAU menempuh pendidikan di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta.

Berakhir di Titik 0 Kilometer, para peserta pawai yang terdiri dari civitas academica dan Taruna AAU ini menampilkan yel penyemangat. Setelahnya dilanjutkan dengan flashmob Beksan Wanara yang diikuti oleh sedikitnya 1500 orang taruna dan civitas akademika AAU.

Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Nanang Santoso mengungkapkan, pemilihan Beksan Wanara ini adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap DIY sebagai daerah dengan aspek budaya yang kuat. Beksan Wanara juga mengajarkan nilai kehidupan. Selain itu juga merupukan perwujudan karakter yang kuat, sesuai dengan karakter taruna.

“Beksan Wanara adalah tari klasik yang merupakan ikon dari Keraton Yogyakarta. Ini (adalah) salah satu (tarian) yang kami perkenalkan untuk menjaga, mempertahankan, dan melestarikan warisan-warisan luhur budaya Nusantara,” jelas Nanang.

Flashmob Beksan Wanara tersebut mencatat rekor dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid). Leprid sendiri merupakan lembaga pencatat rekor independen dan non profit. Ketua Leprid, Paulus Pangka, S.H. menyerahkan piagam rekor tersebut kepada Gubernur AAU.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolda DIY, Danrem 72 Pamungkas, jajaran pejabat Forkopimda DIY, para kepala OPD, beserta tamu undangan. (sumber//Dh/Ln/ humas Jogja)

 96 total views,  2 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.