Media Network

30 November 2020

Tak Hanya Soal Jakwir Cetem, Prof Zudan Sebut Layanan Adminduk Kota Tegal Level Tertinggi se Indonesia

2 min read

Tegal – Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. DR. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H. , Jumat (30/10) di ruang kantor Disdukcapil saat kunjungan monitoring ke Kota Tegal di dampingi Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi ST.MM menyampaikan dari 514 Kabupaten / Kota ada 405 Kab/Kota termasuk Kota Tegal yang tetap buka di hari libur.

Hal ini diketahui setelah dirinya melakukan Road Show ke seluruh Indonesia termasuk beberapa Kabupaten dan Kota di pulau Jawa, dan untuk Kota Tegal dalam pelayanan publik Adminduk masuk dalam level tertinggi level empat yakni dengan pelayanan publik yang sudah terpenuhi semua tinggal memberikan kepuasan dan membahagiakan masyarakat dengan layanan Dukcapil.

“Pemohonnya senang, dapat pelayanan cepat, serta mendapat layanan diluar dugaan yang di minta, sepertihalnya adanya layanan terintegrasi” jelasnya

Lebih lanjut Prof. DR. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H. menerangkan bahwa layanan terintegrasi adalah pemohonnya satu bisa mendapatkan tiga, salah satu contohnya, pemohon mengajukan akte kematian, tetapi karena pelayanan yang membahagiakan masyarkat maka pemohon akan mendapat tiga sekaligus yakni KTP yang masih hidup status cerai mati, Kartu Keluarga serta Akte Kematian dan layanan lainnya karena di Kota Tegal tersedia layanan Jakwir Cetem.

Menurutnya, ada 4 level yang diberikan dalam apresiasinya terhadap pelayanan terbaik pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil. Level satu, dua, tiga dan empat. Langkah monitoring terhadap 514 kota / kabupaten dihari libur disebutkannya untuk memastikan layanan di kantor-kantor Disdukcapil tetap berjalan meski dihari libur dengan semangat produktif.

Bagi Kota Tegal setelah menempati pada level tertinggi, menurutnya tinggal bagaimana sekarang dinas mewujudkan pada tingkat kepuasan dan kebahagiaan pelanggan.

Bahkan dari hasil pemaparan dari pihak Dukcapil Kota Tegal, dengan penjelasan dari Wakil Walikota HM Jumadi tentang layanan terintegrasi, Profesor Zudan berencana akan mem-blasting konsep tersebut ke seluruh Indonesia dengan harapan daerah lain dapat me-replikasi dari inovasi disdukcapil Kota Tegal

Sedangkan masih di Lokasi yang sama Wakil Walikota Tegal, Muhamad Jumadi ST.MM menyambut baik Apresiasi yang diberikan tersebut sekligus menyambut baik gagasan Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H. yang akan me Replikasi inovasi Jakwir Cetem ke seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia.

Wakil Walikota Tegal juga berharap seluruh jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal dapat melaksanakan maksimal dalam memberikan kepuasan pelayanan publik kepada masyarkat dan dapat meningkatkan ke level teratas. (red)

 3,787 total views,  3 views today