Tegal – Pemerintah Kota Tegal, OJK Tegal, BI Tegal, Perbankan dan Lembaga Keuangan sepakat go digital untuk membangkitkan ekonomi ditengah pandemi covid 19.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi dalam diskusi bersama lembaga perbankan, Kamis (25/6) di Kantor OJK Tegal.

“Kita sepakat go digital, tidak hanya sekedar tagline agar dapat menggerakkan ekonomi di Kota Tegal,” kata Jumadi, didampingi Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto dan Kepala BI Tegal M. Taufik Amrozy.

Go digital segera diimplementasikan terutama menyasar UMKM sebab mereka banyak kendala seperti permodalan, market dan SDM. “Kita akan bantu agar Kita Tegal segera pulih,” ujar Jumadi.

Dalam kesempatannya Ia mencontohkan, jumlah transaksi disalah satu perbankan di Kota Tegal sebelum pandemi sekitar 1000 transaksi perhari. Saat pandemi, jumlah transaksi sekitar 200 perhari. Saat ini, transaksi tersebut sekitar 900 transaksi perhari. Artinya  perekonomian di Kota Tegal sudah mulai pulih dan kegiatan perbankan sudah mulai bergerak..

“Optimis, dengan kita duduk bersama antara Pemkot, BI, OJK, industri keuangan maka pertumbuhan ekonomi cepat pulih,” imbuh Jumadi.

Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto mengatakan dunia usaha suda mulai berjalan. Saat ini momentum untuk menyiapkan UMKM di Kota Tegal sebagai tulang punggung perekonomian daerah. Karena jika sektor UMKM sudah berjalan maka pertumbuhan ekonomi semakin kuat sebab 90 persen pelaku usaha di Kota Tegal adalah UMKM.

Ludy mengungkapkan untuk melakukan pembinaan UMKM, pihaknya akan menyiapkan big data, infrastruktur, memberikan literasi, meyiapkan platfom digital.

Kepala BI Tegal M. Taufik Amrozy mengaku optimis pertumbuhan ekonomi di Kota Tegal cepat pulih. Berdasarkan hasil survei oleh BI Tegal, optimisme konsumen pada Januari-Mei kurvanya menurun drastis. April-Mei sudah mulai melandai. Harapannya, Triwulan III Juli-September kurvanya mulai naik. “Optimisme konsumen itu penting, karena daya belinya ada di mereka,” pungkas Taufik.(red)

 

 497 total views,  1 views today

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *