Detakindonesia.com – Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Tegal bersama dengan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal serta Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal menggelar kegiatan Donor Darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-22 Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) di halaman BPPP Tegal, Kamis (21/10/2021).

Kepala SUPM Tegal, Maskuri mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan agar seluruh karyawan berpartisipasi dalam kegiatan yang menyambut hari lahir KKP. Selain itu, dimaksudkan agar upaya meningkatkan sektor kesehatan yang diantaranya donor darah tersebut bermanfaat untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. “Maka dari itu rajin-rajinlah berdonor darah yang banyak sekali manfaatnya seperti mampu menurunkan resiko serangan jantung, stroke, hingga resiko kanker,” katanya.

Lanjut dia, kegiatan tersebut diikuti seluruh karyawan SUPM dan BPPP Tegal yang menghasilkan seluruh kantung darah sebanyak 48. “Karena kita kan 1 tempat tetapi 2 instansi serta ada 10 orang dari pihak luar yang jumlah totalnya yang ikut sekitar 93 orang, namun ada beberapa yang darahnya tidak bisa diambil dengan berbagai faktor,” terangnya.

Maskuri menjelaskan, selain kegiatan Donor darah, SUPM Tegal juga akan menggelar kegiatan penanaman mangrove pada Jumat (21/10/2021) di lingkungan Pantai Pulau Kodok, Kota Tegal yang berfungsi untuk memperkuat daratan dan melindungi tempat ikan yang akan bertelur. “Jadi kalau mangrove nya banyak, limbah beracunnya bisa terserap dengan baik dan udang akan banyak pula disitu. Karena, dimana banyak mangrove disitu ada banyak udang,” bebernya.

Lebih lanjut, Maskuri berharap, jika disini banyak terdapat tambak dan mangrove maka racun-racun yang ada disekitar lokasi tersebut bisa terserap limbahnya untuk pertumbuhan udang. “Makanya kalau air nya dengan kualitas bagus ya mangrovenya diperbanyak pula. Mudah-mudahan kegiatan tersebut bisa bermanfaat dan tanamlah mangrove untuk pembelajaran masyarakat sekitar untuk peduli terhadap lingkungan khususnya laut atau pesisir,” jelasnya.(red)

 138 total views,  2 views today

Redaksi