Detakinfonesia.com – Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menanam pohon di sepanjang Jalan Lingkar Utara Brebes sepanjang 17 Kilometer. Penanaman pohon sebagai bentuk kepedulian lingkungan yang tidak bisa dirasakan secara instans tetapi baru bisa dirasakan manfaatnya 10 hingga 20 tahun mendatang.

“Permasalahan lingkungan adalah tanggungjawab seluruh elemen masyarakat, termasuk para pemuda-pemudi Brebes. Untuk itu, di hari Sumpah Pemuda, mari kita tanam pohon,” ajak Idza Priyanti saat penanaman pohon dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021 di Jalan Lingkar Utara Brebes, Kamis (28/10).

Idza mengajak, kepada pihak swasta, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, pemuda, pelajar dan seluruh warga masyarakat untuk peduli lingkungan diantaranya dengan menanam pohon.

Sebab, kata Idza, permasalahan lingkungan adalah proyek besar masa depan, yang hasilnya baru bisa dirasakan 10 atau 20 tahun mendatang. Apalagi kondisi wilayah Kabupaten Brebes banyak lahan kritis dan rawan terhadap bencana alam. Maka sudah sepatutnya meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Harapan Bupati, penghijauan harus berlangsung berkesinambungan agar dapat berhasil dengan baik. Karena penghijauan bukan hanya bermanfaat mengembalikan lahan hijau saja, tetapi juga sebagai investasi masa depan, yang kelak akan menyediakan lingkungan yang asri, sehat dan pasokan air yang melimpah bagi kehidupan mendatang.

Kepada masyarakat Kabupaten Brebes, Bupati juga berpesan untuk turut terlibat dalam gerakan penghijauan. Bukan hanya turut serta menanam pohon, namun juga dalam proses pemeliharaan sebagai bentuk kecintaan pada lingkungan dan kasih sayang terhadap generasi mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes Budi Darmawan menjelaskan, di hari Sumpah Pemuda, pihaknya mengadakan aksi dengan tajuk gerakan pemuda pemudi menanam (GERAKPAPINAM). Sepanjang 17 kilometer di Jalur Lingkar Utara ditanami tanaman keras seperti pohon Mahoni dan Trembesi.

Sebelumnya, sudah ditanam saat awal pembangunan Jalan Lingkar Utara Brebes-Tegal dan hari Sumpah Pemuda adalah kelanjutannya sepanjang 12 kilometer dari Jembatan Kali Pemali sampai dengan Perbatasan Brebes-Tegal sebanyak 2000 pohon.

Selain itu, di jalur arah ke Pantai Randusanga Indah (Par In) di lahan bekas kandang Bebek sebanyak 330 pohon. Sedangkan untuk menangani abrasi di bibir pantai Prapag Kidul, Losari sebanyak 160 pohon trembesi dan 160 pohon cemara laut. Dan di Par In ditanam 330 pohon Ketapang dan 580 pohon Cemara Laut. Dan untuk penghijauan di Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) sudah disiapkan 330 pohon.

Hadir ikut menanam pohon, Dandim 0713 Brebes, Kapolres Brebes, Ketua Pengadilan Negeri Brebes, para kepala OPD, Ketua Dekranasda Kabupaten Brebes, organisasi kepemudaan dan masyarakat.
Penulis : Agus Awaludin
Editor : Wasdiun

 84 total views,  1 views today

Detak Indonesia