SMK AL Irsyad Terapkan Program Sekolah Industri Kunjungi Berbagai Lokasi

  • Whatsapp

Detakindonesia.com – SMK AL Irsyad Kota Tegal menyelenggarakan kegiatan outing class atau belajar di luar kelas dengan di kemas istilah Sabtu Terampil dengan mengunjungi kantor media yang berkantor di Jalan Perintis Kemerdekaan, Sabtu (24/9). Kunjungan diikuti 130 siswa terdiri dari Kelas X, XI, dan XII dari Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL ) dan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Waryadi SPd selaku wakil kepala sekolah bidang Humas SMK Al-Irsyad Tegal yang mendampingi siswa ke kantor media yang ada di kota Tegal bersama wali kelas dan guru produktif mengatakan,

Sabtu Terampil adalah kegiatan yang di laksanakan di luar kelas dengan mengadakan kunjungan ke dunia Industri,dunia usaha,dunia kerja (IDUKA) maupun perguruan tinggi baik yang dalam maupun di luar Kota Tegal untuk belajar baik yang sesuai dengan kompetensi maupun belajar kewirausahaan.

Adapun 30 siswa dari Kompetensi Keahlian Akutansi dan Keuangan Lembaga mengunjungi Politeknik Stiebisnis untuk belajar pengenalan dan pengoperasian Aplikasi Zahir.

Di bulan yang lalu siswa juga melakukan kunjungan ke Poltek Harber untuk mengadakan pelatihan Pembuatan WEB bagi kompetensi RPL dan pelatihan LINUX bagi siswa TKJ serta mengundang Narasumber dari Kantor pelayanan pajak Pratama (KPP) Tegal dengan materi pengisian SPT tahunan bagi perorangan dan Badan.

Selain program Sabtu Terampil, juga mengadakan Sabtu Bersih, Sabtu Sehat, dan Sabtu Cerdas dengan menggandeng perpustakaan daerah Kota Tegal,dengan kegiatan literasi agar siswa terbuka wawasan berfikirnya.

Guru dan siswa SMK Al Irsyad diterima Pemimpin Umum Radar Tegal M. Sekhun SHI., MM, yang juga sekaligus menjadi narasumber pelatihan Jurnalistik. Beliau menjelaskan berdirnya Radar tegal, sekilas tentang Undang-undang Pers dan seputar penulisan berita yang baik,di akhir kegiatan di adakan tanya jawab,

Salah satu siswa yang ditunjuk, Dini Fitriani kelas XII RPL mampu menerangkan materi yang disampaikan pembicara dengan baik, sehingga mendapatkan doorprize dari sekolah.

Di samping siswa menerima materi Jurnalistik juga diajak berkeliling ke studio Radar Tegal Televisi.
Harapan dari kegiatan mengunjungi IDUKA adalah untuk menambah wawasan siswa baik yang sesuai kompetensi maupun kewirausahaan sebagai bekal setelah siswa lulus dari SMK Al-Irsyad dan juga menambah materi yang tidak di dapatkan dari bangku sekolah tetapi justru di peroleh dari kunjungan tersebut.(red)

 92 total views,  2 views today

Pos terkait