Detakindonesia.com – Sebanyak 1134 santri penghafal Al Qur’an yang terdiri dari 29 lembaga rumah Tahfidz yang tersebar di wilayah Brebes, Kota Tegal, kabupaten Tegal, kabupaten Pemalang dan kabupaten Banjarnegara mengikuti Wisuda Akbar Tahfidz Al Qur’an Nasional ke 10 Wilayah Jawa Tengah III pada Ahad, 23 Oktober 2022 di Islamic Center Brebes.

Para wisudawan terlebih dahulu mengikuti ujian Tahfidz oleh para penguji dari Rumah Tahfidz Center sebelum mereka diwisuda. Ujian Tahfidz terdiri dari beberapa kategori, yakni kategori 1 juz (juz 30), 5 juz, 10, 15, 20, 25 dan 30 juz.

Tahun ini SMK alirsyad kota Tegal mengirimkan santrinya sebanyak 23 santri, dan ini merupakan kali pertama sekolah yang berada di Jl. Glatik no.3 kelurahan Randu gunting kecamatan Tegal Selatan kota Tegal mengikuti kegiatan ini untuk kategori 1 juz dan 5 juz, sebenarnya ada beberapa siswa yang sudah menghafal 2 Juz, 3 Juz , 7 Juz dan 9 Juz karena dalam ujian tahfidz hanya kategori 1 Juz dan kelipatan 5 Juz dan seterusnya maka siswa kami di uji dalam kategori 1 dan 5 Juz ungkap kepala SMK Al- Irsyad Ust Ali Sumitro, S.Ag., M.Pd.I, Sedangkan SMP Al Irsyad pada wisuda Akbar kali ini dinobatkan sebagai peserta wisuda terbanyak dengan jumlah santri 243 dari jumlah 1134 santri yang diwisuda.

Dijelaskan oleh ketua panitia, Ust. Suratno, SQ, bahwa dirinya atas nama panitia penyelenggara merasa berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Brebes yang telah mengizinkan terselenggaranya perhelatan tahunan ini. Juga kepada segenap panitia yang telah berupaya berkoordinasi dengan beberapa pengurus rumah Tahfidz, sehingga agenda yang sempat off selama tiga tahun ini, kembali dapat terselenggara.

“Kami atas nama panitia wisuda Akbar mengucapkan terima kasih kepada segenap jajaran pemerintahan kabupaten Brebes yang telah mengizinkan terselenggaranya acara ini. Juga kepada segenap panitia yang telah berkordinasi dan berkomunikasi dengan beberapa pengurus rumah tahfidz, sehingga tahun ini bisa diikuti oleh 29 lembaga, yang terdiri dari rumah Tahfidz, pondok pesantren dan panti asuhan di wilayah Brebes, kota Tegal, kabupaten Tegal, Pemalang dan Banjarnegara,” ujarnya.

Wisuda Akbar dihadiri oleh Bupati Brebes, Hj. Idza Priyati, SE, MH, jajaran Forkominda Kabupaten Brebes, Polri-TNI, tokoh masyarkat, para ulama, pengurus rumah tahfid, wali santri dan para santri.

Dalam kata sambutannya, Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti SE, MH, mengapresiasi penyelenggaraan wisuda Akbar ini yang bertempat di Brebes. Kepada para santri yang diwisuda, bupati berpesan agar terus meningkatkan hafalan Al Qur’an sehingga kelak menjadi anak yang shaleh yang bisa menjaga kemurnian Al Qur’an dan bisa membanggakan kedua orang tua dengan memakaikan mahkota dari surga kelak di akhirat. Kepada masyarakat dan wali santri secara umum, bupati juga berpesan agar senantiasa berinteraksi dengan Al Qur’an, bukan sekedar dihafal, akan tetapi perlu difahami, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, tetap mendidik putra-putrinya agar menjadi anak yang shaleh.

“Kami sangat bangga dan mengapresiasi penyelenggaraan wisuda Akbar ke 10 tahun ini di Brebes. Kepada para santri kami berpesan agar tetap dan terus menjaga Al Qur’an sebagai pedoman hidup. Dan kepada wali santri serta masyarakat secara umum, kami berpesan agar selalu berinteraksi dengan Al Qur’an dengan cara membaca, memahami, menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari sebagai pedoman hidup.” Demikian pesan Bupati dalam kata sambutannya.

Acara wisuda diakhiri dengan pengalungan medali bertanda wisuda tahfidz kepada para wisudawan oleh Bupati dan beberapa pengurus rumah tahfidz center korda Jawa Tengah III dan photo bersama Bupati dengan masing-masing lembaga rumah Tahfidz secara bergantian. Pengirim berita (red)

 77 total views,  1 views today

Redaksi