Detakindonesia.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tegal menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kegiatan Statistik Sektoral Kompilasi Data Administrasi Tahun 2021 berisi Pengolahan Data Strategis. Kegiatan yang dilakukan selama dua hari juga membahas tentang penyusunan buku statistik sektoral Kota Tegal.

Di hari pertama, Rabu (03/11/21) kegiatan Rakor Statistik dibuka oleh Kepala Diskominfo Kota Tegal Drs. Markus Wahyu Priyono. Markus Wahyu Priyono mengatakan rapat koordinasi ini bertujuan untuk mewujudkan data statistik sektoral yang valid dan terukur dalam satu wadah Satu Data Kota Tegal sehingga nantinya berjalan dengan maksimal.

Kepala Bidang Penegolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Diskominfo Kota Tegal Heri Kurniawan SH. MH mengatakan rakor pengumpulan data strategis dalam rangka penyediaan informasi Kota Tegal. Rakor dihadiri kurang lebih 100 peserta dari perwakilan OPD Se Kota Tegal, Kecamatan dan Kelurahan Seluruh Kota Tegal.

Materi hari pertama Rabu (03/11/21) seluruh perwakila OPD yang hadir mendapatkan arahan tentang sosialisasi mengenai pengumpulan data statistik di Kota Tegal. Hari ke dua Kamis (04/11/21) perwakilan dari Kecamatan dan Kelurahan juga mendapatkan sosialisasi kegiatan statistik sektoran kompilasi data adminstrasi ditambah materi penyusunan buku statistik sektoral Kota Tegal.

Sementara itu Kasi Pengelolaan informasi dan statistik, Arif Budiyanto, SE, MM mengatakan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik pada pasal 12 ayat 1, menyimpulkan bahwa Penyelenggaraan Statistik Sektoral secara mandiri dengan cara Kompilasi Produk Administrasi atau yang dikumpulkan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

“Kompilasi data salah satunya berisi gambaran umum Kota Tegal geografis dan topologi data pemerintahan dan kependudukan, kesehatan pendidikan dan budaya kesejahteraan sosial, agama. dan perpustakaan”

Ditambahkan tujuan kegiatan ini menyediakan layanan informasi data sektoral Pemerintah Kota Tegal berbasis web yang akuratdan terbuka.

Sedangkan manfaatnya adalah tersedianya data sektoral pemerintah Kota Tegal yang dapat diakses masyarakat dengan mudah, tersedianya data dan informasi bagi OPD Pemerintah Kota Tegal dalam rangka Perencanaan Pembangunan Pemerintah Kota Tegal.

Selain dihadiri perakilan OPD, Kecamatan dan kelurahan , kegaitan ini juga diikuti oleh perwakilan dari Badan Pusat Statistik Kota Tegal selaku Tim Pengumpul Data sekaligus sebagai pembina data serta perwakilan dari kantor Bapeda Kota Tegal.(red)

 131 total views,  1 views today

Detak Indonesia