Persiapan Pengamanan Nataru, Polres Tegal Kota Gelar Rakor Lintas Sektoral

  • Whatsapp

Detakindonesia.com – Polres Tegal Kota menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral persiapan Operasi Lilin Candi 2022 di Aula Deviacita Mapolres setempat, Kamis (22/12/2022).

Operasi Lilin Candi 2022 digelar dalam rangka pengamanan menjelang perayaan Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Rakor ini bertujuan untuk menyamakan visi dalam kegiatan pengamanan guna mengantisipasi sedini mungkin kerawanan kamtibmas menjelang, pada saat dan setelah perayaan Nataru,” ungkap Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat, S.S.

Kapolres mengatakan, perayaan Nataru kali ini sedikit berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Sebab, pada 2020 dan 2021 perayaan Nataru masih dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga masih banyak pembatasan-pembatasan kegiatan masyarakat.

“Hari ini kami melakukan koordinasi, karena informasi dari Pemkot akan mengadakan acara yang sifatnya berpotensi menimbulkan kerumunan masyarakat pada Malam Tahun Baru nanti,” ujarnya.

Sementara itu Kabag Operasional (Kabagops) Polres Tegal Kota Kompol Wibowo Saputra, SPd, SIK mengatakan, bahwa pihaknya akan menerjunkan 154 personel untuk pengamanan Nataru. Jumlah itu masih ditambah dengan personel dari unsur TNI sebanyak 56 personel, unsur Pemkot Tegal 120 personel dan unsur potensi masyarakat lainnya sebanyak 155 personel.

Selain itu juga akan di siagakan personel cadangan yang siap digunakan sewaktu-waktu sebanyak 195 personel yang terdiri dari anggota Polres sebanyak 50 orang, anggota Brimob 15 personel, anggota TNI 30 personel dan Potensi masyarakat 100 personel.

“Keseluruhan personel gabungan tersebut nantinya akan diterjunkan untuk pengamanan Nataru, sehingga harapannya semua kegiatan dapat berjalan dengan kondusif,” kata Kabagops.

Sedang untuk pos pengamanan, lanjutnya, Polres Tegal Kota telah mendirikan satu pos terpadu di simpang tiga jalan Dr. Sutomo dan satu pos pelayanan di jalan Pancasila atau kawasan Taman Pancasila dan Alun-alun Kota Tegal.

Kemudian empat pos pengamanan didirikan di depan Terminal, simpang empat Maya, simpang tiga Coyo dan di simpang tiga Rel KA Tirus.

“Selain itu, kami juga menyiagakan sejumlah personel yang akan ditempatkan di pos-pos pengamanan tempat ibadah atau Gereja serta tempat keramaian seperti Mall dan destinasi objek wisata yang ada di Kota Tegal,” terangnya.

Dengan sinergitas dan kolaborasi yang baik, kita berharap selama Nataru kamtibmas di Kota Tegal tetap terjaga.

“Semoga selama Nataru situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres TegalbKota aman dan kondusif,” pungkas Kabagops.(red)

 38 total views,  4 views today

Pos terkait