Batang- Sejumlah 41 kepala Desa (Kades) terpilih gelombang II masa periode 2019-2025 dilantik oleh Bupati Batang Wihaji, Kamis (27/12/2019) di Pendopo Kantor Bupati .

Sebelumnya 205 desa sudah melaksanakan Pilkades serentak pada 29 Sepetember 2019. Untuk gelombang I sebanyak 163 Kades terpilih sudah dilaksankan pelantikan 8 November yang lalu. Selain pengambilan sumpah jabatan oleh oleh Bupati Batang, Seluruh kades  yang dilantik secara serentak membaca dan menandatangani pakta integritas.

Bupati Batang Wihaji dalam hal ini menyampaikan Pelaksanaan  pemilihan Kepala Desa berjalan dengan baik dan kondusif, walaupun dengan hiruk pikuknya.

“Saya sangat apresiasi Kapolres Batang dan Komandan Kodim 0736 Batang  beserta seluruh unsur dan jajaranya yang dalam pelaksanaan pilkades serentak Alhamdulillah berjalan lancar,” paparnya

Ia juga menambahkan “Saya nitip kepada Kedes yang baru dilantik agar mengalokasikan dana desa untuk pembuatan jamban bagi masyarakat, karena angka stunting cukup tinggi yakni lebih dari 25 persen yang diakibat pola hidup tidak sehat cukup,” imbuhnya

Bahkan Bupati juga berharap ada inovasi dan kreativitas baru yang dapat mengangkat semua potensi desa dengan one vilage one produck, serta alokasikan dana desa untuk mendukung fasilitas smart vilage dan smart city untuk data ulang warga miskin.

“Saya harap ada data ulang warga miskin, karena berdasarkan laporan banyak masyarkat miskin yang tidak menerima bantuan sosial,”.

Kesuksesan dan kodusifitas tidak lepas pula sikap kedewasaan berpolitik masyarakat dalam menentukan calon kepala desa lanjutnya, yang tentunya amanah rakyat harus di jaga dengan bekerjalah sesuai regulasi.

Hadir dalam pelantikan tersebut Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga, Komandan Kodim yang diwakili Kasdim  Mayor  Inf. Raji, Kejaksaan Negeri Batang Wahyudi. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata, (Red/Iw/tim)

 92 total views,  2 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.