(Mbah Dalem Agung Sang Pendiri Padepokan Sebagai Cikal Bakal Desa Tembok Luwung) 

Penulis : Bung Baedy (FB)

Bagian 2
¯¯¯¯¯¯¯¯¯
detakindonesia.com – Sambungan dari cerita sebelumnya….setelah dilakukan penelitian yg melibatkan penelusuran diperoleh titik terang bahwa nama Dalem Agung diperoleh dari dua kata, yaitu dalem yg berarti ‘di dalam’ dan Agung berarti ‘besar’. Jadi bisa dikatakan bahwa Mbah Dalem Agung berarti Orang atau Ulama Sepuh yang menetap di tempat besar. Boleh jadi ulama ulama inilah yg pada saat itu menetap di Kerajaan wilayah Sunda. Jadi penamaan Mbah Dalem Agung merujuk bukan pada satu orang, melainkan pada lebih dari satu org. Dengan kata lain Mbah Dalem Agung bisa dinisbatkan kepada Mbah Kyai Djinten, Mbah Dagan, Bagus Kuncung dll yg memang berada di kawasan komplek makam ini.

Lalu untuk penamaan Mbah Dagan ada hubungannya dg tingkat keilmuan. Boleh jadi dagan berasal dari kata ‘undagan’ yang artinya bertingkat. Mengingat makam Mbah Dalem Agung berada pada posisi yg bertingkat (di atas) maka disebut sbg Mbah Undagan atau Mbah Dagan.

Kemudian utk padepokan berhubung terbuat dari batu bata keliling maka identik dg istilah ‘tembok’, itulah kenapa pada akhirnya wilayah ini disebut sebagai tembok. Adapun nama Luwung sendiri ada kemungkinan berasal dari kata ‘luweung’ yang berasal dari bahasa sunda yg berarti ‘hutan’. Boleh jadi daerah ini dahulu berupa hutan belantara. Berhubung ada bangunan (padepokan) berupa tembok batu bata yg berada di tengah hutan, akhirnya sebagai tetenger daerah ini dinamakan ‘Tembok Luwung’.

Di komplek makam ini juga ada makam Mbah Martoloyo, Martapura dan Mbah Gendowor. Sebagian warga percaya kalau ketiga makam itu benar benar makam bukan petilasan.

Untuk misteri yg ada di makam ini adalah dengan kehadiran sebuah pohon jati besar bernama Jati Kopet (kopek) yg konon dihuni oleh Ular Besar (bisa dilihat full pada chanel Elsci tv).

Ular inilah yg menurut kepercayaan warga desa sering mengganggu atau mewujudkan diri kepada sebagian warga. (wallahu a’lam). Adapun untuk video bisa dilihat pada link berikut :
https://youtu.be/4n68pGpTnoE

Sumber :
1. Bapak Suyatno, Jujur Kunci Makam Mbah Dalem Agung
2. Elsci tv – Legenda Tanah Jawa
3. Buku Menyusuri Jejak Jejak Tegal (Bung Baedi)
4. Buku Laporan Penelitian Asal Usul Desa di Kabupaten Tegal
(***)

541 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.