Paparan Wakil Wali Kota Tegal Mendapat Apresiasi Peserta Indonesia 5G

 

Jakarta – Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi, S.T., M.M., CHFI.,memaparkan materi Government Readiness to 5G upaya Pemerintah Daerah membangun Smart City di acara Indonesia 5G Ecosystems Conference 2020, Golden Ballroom Hotel Sultan, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (10/02/2020).

“Spectrum and Regulatory Challenges and Applied Oportunity for Its Ecosystems and Competitive Economy”, tajuk dalam konferensi yang diprakarsai oleh ICT Institute

Dalam paparannya apa yang telah diaplikasikan oleh Pemerintah Kota Tegal merupakan penggunaan teknologi informasi menuju Smart City, diantaranya inovasi layanan dokumen kependudukan yang dinamai Jakwir Cetem yaitu layanan pertama di Indonesia kerjasama dengan salah satu operator transportasi online untuk penghantaran dokumen kependudukan, sehingga warga tidak perlu datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal.

Kemudian Inovasi Layanan Gawat Darurat Lekontangi, yaitu inovasi dalam penanganan kegawatdaruratan medis pra rumah sakit, inovasi layanan lansia yang diberi nama Jempolan untuk pengantaran makanan bagi lansia menggunakan transportasi online dan tanda tangan elektronik (digital signature, e-sign) dan sudah diaplikasikan di 27 kelurahan. Ada juga pemanfaatan Penerangan Jalan Umum (PJU) sebagai Lampu Jalan Pintar (Smart Street Light) dan CCTV & Video Analitics untuk penanganan banjir yang sering terjadi di Kota Tegal.

Sejatinya pentingnya kolaborasi antara vendor, pemerintah pusat dan daerah dan pihak-pihak berkepentingan untuk membangun infrastruktur dan mempersiapkan hal-hal yang bisa dimanfaatkan. Misalnya aplikasi yang terus-menerus digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Seperti pelayanan KTP, pelayanan Lansia, digital signature, dan lain sebagainya. Ini hal-hal yang disiapkan untuk menyongsong penerapan era 5G nanti,” jelas Jumadi yang hadir didampingi Kepala Dinkominfo Kota Tegal Drs. Markus Wahyu Priyono.

Ia juga memaparkan melalui Program SMART City Kota Tegal sudah membangun jaringan Fiber Optik yang menghubungkan seluruh OPD dan menyediakan akses WIFI gratis bagi masyarakat di banyak titik lokasi, panjang jaringan FO yang sudah terpasang kurang lebih 52 KM.

Pemerintah Kota Tegal juga menyediakan fasilitas hotspot internet public akses gratis bagi warga masyarakat sejumlah 21 titik dengan kecepatan rata-rata 50 Mbps. Lokasi Wi-Fin-nya ada di Pendopo Ki Gede Sebayu, Alun-alun kota, Taman Poci, Pendopo di kecamatan dan Kelurahan, Halaman DPRD, Monumen Bahari PAI.

Para peserta konferensi terlihat tertarik dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Tegal terkait inovasi-inovasi dan teknologi informasi yang telah diterapkan oleh Pemerintah Kota Tegal saat di paparkan Wakil Wali Kota Tegal dengan jelas (Red/tim)

976 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.