Panglima TNI Lepas Babinsa dan Babinkamtibmas Antar Bansos Sekaligus Pimpin Rapat Gugus Tugas Covid

Jakarta – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Irwasum Mabes Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto yang mewakili Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., melepas Gerakan Bhakti Sosial di depan Aula DR. KH. Idam Chalid Pemprov Kalimantan Selatan. Kamis (23/07/2020).

Panglima TNI menyampaikan bawa ratusan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan komponen masyarakat lainnya melaksanakan tugas sangat mulia.

“Mereka akan mengantarkan bantuan sosial kepada mayarakat yang membutuhkan Dan bantuan sosial ini, bentuk partisipasi dari seluruh elemen untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” Tegasnya.

“Semoga tugas mulia yang kita lakukan bersama ini, bisa menyebar ke seluruh wilayah Indonesia, dan bisa menjadi bagian dari kebersamaan kita semua untuk tetap menjaga diri masing-masing,” Terang Panglima TNI.

Panglima TNI berterima kasih dan memberi arahan kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas dan ojek online yang membawa kebutuhan pokok dengan mengendarai sepeda motor.

“Tidak perlu terburu-buru, yang penting bahan pokok tersebut bisa sampai ke alamat tujuan. Terima kasih atas kerja samanya meringankan beban saudara kita,” Terang Panglima TNI.

Panglima TNI dan Irwasum Mabes Polri melanjutkan kegiatan Rapat Intern virtual melalui video konferensi (Vicon) dengan Gugus Tugas Covid Provinsi Kalimantan Selatan serta segenap pejabat daerah di Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya, Panglima TNI menyampaikan ucapan terima kasih atas laporan yang telah disampaikan. Laporan Bapak Gubernur memberikan secercah harapan dengan trend penurunan Case Fatality Rate di Kalsel.

Panglima TNI menyambut baik Gugus Tugas yang mengambil langkah-langkah inovatif yang sejalan dengan direktif Presiden Jokowi untuk menerapkan intervensi berbasis lokal.

“Dengan adanya Kampung Tangguh Banua oleh masyarakat menjadi indikator meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif disiplin menerapkan protokol kesehatan,” Terang Panglima TNI mengapresiasi hal tersebut.

 

Panglima TNI juga menyampaikan bahwa Satgas Penanganan Covid-19 daerah harus benar-benar membangun sinergi dengan Satgas Pemulihan Ekonomi untuk bersama-sama menjaga agar masyarakat tetap produktif, sehat dan aman dari Covid-19. Karena kesehatan masyarakat menjadi modal utama untuk kembali menggerakan roda perekonomian.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan seluruh komponen masyarakat menegakan disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam setiap interaksi sosial kemasyarakatan.

“Para pejabat-pejabat di Kabupaten/Kota, para Bupati, Dandim, Kapolres, Kepala Desa, Danramil, Kapolsek agar selalu  mengajak tokoh masyarakat mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan,” Tegas Panglima TNI.

Sejalan dengan moto yang disampaikan Bapak Gubernur, “Bergerak Bersama Menjaga Banua” Panglima TNI mengajak seluruh aparatur negara yang terlibat dalam penanganan pandemi ini untuk bergerak bersama seluruh elemen masyarakat beserta seluruh satuan kewilayahan TNI dan Polri beserta jajarannya di Kalsel, saling sinergi dan berkolaborasi untuk bersama-sama melakukan upaya extra-ordinary sebagaimana telah diarahkan Bapak Presiden Jokowi.

Diakhir kegiatan Panglima TNI menyampaikan bahwa beliau mendapat berita duka bahwa kemarin pagi, Rabu tanggal 22 Juli, salah seorang Babinsa Koramil 1006-12/Liang Anggang Kodim 1006/Martapura, telah meninggal dunia, Lalu Panglima TNI menyampaikan agar Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, S.I.P., selalu mendampingi dan memberikan dukungan kepada keluarga Almarhum.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangkogabwilhan-III Letjen TNI Ganip Warsito, Gubernur Kalsel Bapak H. Sahbirin Noor,S.Sos., M.H., Asops Panglima TNI, Asops Kapolri, Aslog Panglima TNI, Pangdam VI/Mulawarman, Kapolda Kalimantan Selatan, Ketua DPRD Kalsel, serta segenap pejabat TNI-Polri dan Pemerintah setempat.(red)

 73 total views,  2 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.