Media Network

29 Oktober 2020

MISTERI MAKAM MBAH DAGAN –

2 min read
(Mbah Dalem Agung Sang Pendiri Padepokan Sebagai Cikal Bakal Desa Tembok Luwung) 

Penulis : Bung Baedy (FB)

Bagian 1
¯¯¯¯¯¯¯¯¯
Di Desa Tembok Luwung Kec. Adiwerna terdapat sebuah makam yg dipercaya sebagai makam waliyullah. Makam ini adalah makam Mbah Dagan. Hingga kini masih belum dapat dipastikan siapa sebenarnya Mbah Dagan itu. Menurut keterangan dari juru kunci, Mbah Dagan yg memiliki nama lain Mbah Dalem Agung adalah seorang ulama berasal dari Timur Tengah yg hidup pada pertengahan abad ke 14 s/d 15 (tahun yg masih perlu dipertimbangkan kembali). Bahkan ada yg mengatakan beliau sezaman dg Syekh Nurjati (lebih detail dapat dilihat di chanel Elsci tv)

Diceritakan bahwa beliau menetap di Desa Tembok Luwung dan mendirikan sebuah padepokan. Dari hasil penelitian, bahwa letak padepokan ini berada di pinggir sungai atau kali gung tepatnya yg sekarang menjadi komplek makam Mbah Dagan. Di komplek makam ini masih bisa ditemukan bekas – bekas tembok keliling yg terbuat dari batu bata merah yg diduga pernah digunakan sebagai pager keliling padepokan.

Selain bukti batu bata merah, ada juga bukti lain yg menguatkan yaitu dg kehadiran beberapa makam kuno seperti Kyai Djinten, Ki Wangsa, Kyai Bagus Kuncung dan para tokoh Tegal diantaranya makam Adipati Arya Martoloyo, Adipati Arya Martopuro, dan Mbah Gendowor. Keberadaan makam makam ini setidaknya memberikan bukti bahwa di komplek makam Mbah Dagan bukan wilayah sembarangan. Paling tidak di tempat ini ada keistimewaan tersendiri. Diduga kuat, bahwa di tempat inilah padepokan Mbah Dagan dahulu berdiri. Kemungkinan setelah Mbah Dalem Agung (Mbah Dagan) wafat maka padepokan diserahkan ke Kyai Djinten. Karena memang ada catatan yg mengatakan bahwa Kyai Djinten menetap di Tembok Luwung. Setelah itu kemungkinan padepokan dipercayakan kepada penerusnya hingga sampai zaman Mbah Gendowor.

Padepokan mbah Dalem Agung menurut salah satu literatur menjadi cikal bakal atau asal usul dari Desa Tembok Luwung (akan dibahas minggu depan di Bagian 2). Kemudian utk nama Mbah Dalem Agung sejatinya hanyalah sebuah julukan. Menurut penelitian, beliau masih ada kaitannya dg tanah Pasundan. Di makam ini pula terdapat satu pohon Jati yg besar yg konon menyimpan misteri. Seperti apakah misteri itu? Siapakah Mbah Dalem Agung? Ikuti terus kisah perjalanan cerita kami.
–> bersambung. Ikuti terus perjalanan sejarah kami di episode berikut (bagian 2).

Sumber :
1. Bapak Suyatno, Jujur Kunci Makam Mbah Dalem Agung
2. Elsci tv – Legenda Tanah Jawa
3. Buku Menyusuri Jejak Jejak Tegal (Bung Baedi)
4. Buku Laporan Penelitian Asal Usul Desa di Kabupaten Tegal(***)

 196 total views,  3 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *