Media Network

29 November 2020

Misteri Bendungan Danawarih

2 min read

(Antara Sejarah dan Legenda)
Penulis – Bung Baedy

Bendung Danawarih merupakan salah satu bangunan utama yang terdapat di Kali Gung
untuk mengairi areal irigasi seluas 12.678 Ha di Kabupaten Tegal – Jawa Tengah. Bendungan ini pertama kali digagas oleh Ki Gede Sebayu untuk merubah nasib petani dengan mencoba mencoba membudidayakan pertanian basah (persawahan irigasi).

Menurut Babad Pagedongan Ki Gede Sebayu, disebutkan bahwa bendungan ini mulai dibangun pada pertengahan bulan Dulqoidah (bulan Apit) dan diharapkan pada pertengahan bulan Safar pembangunan bendungan sudah selesai. Konon pada proses pembuatan bendungan ini, tidak sedikit dari pekerja yg mengalami kecelakaan. Sehingga oleh Ki Gede Sebayu pekerjaan ini sempat diberhentikan. Kemudian atas dasar wahyu, Ki Gede Sebayu kembali membangun bendungan ini yg konon diselesaikan KURANG DARI SEMALAM. Bendungan ini akhirnya selesai pada tahun 1599 M. Sehingga atas keberhasilannya beliau mendapat anugerah sebagau juru demung (setingkat bupati) oleh Kanjeng Panembahan Senapati Raja Mataram.

Pada tahun 1911 atas dasar konsep ‘trias van deventer’ oleh pemerintahan kolonial Belanda bendungan ini diperbaiki. Karena sering mengalami kerusakan akibat banjir, pada tahun 1919 pemerintah Belanda membangun kembali bendung dengan mengubah konstruksinya secara total. Namun, karena kondisi alam tidak mendukung, derasnya aliran sungai tetap mengancam stabilitas bendung. Pada awal tahun 1970-an, terjadi banjir besar yang menyebabkan bendung rusak berat.
Tubuh bendung sebelah kiri patah dan hancur terbawa aliran air. Karena bendung tersebut masih sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat dan untuk irigasi sebagian daerah di Kabupaten Tegal, Pemerintah berupaya membangun kembali bendung tetap yang hancur dengan tipe bendung yg baru (tipe tyroll seperti yg bisa dilihat sekarang). Selanjutnya bendungan mulai dibangun pada tanggal 29 Juni 1972 dan selesai pada tanggal 7 Februari 1973.

Foto : Elsci tv
Sumber :
1. Babad Pagedongan Ki Gede Sebayu oleh Ki Akhmad Mangun Harsono
2. Buku Kompendium Advis Teknis Berbagai Jenis Bandung oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air
3. Dokumenter Elsci tv – Legenda Tanah Jawa(***)

 591 total views,  6 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *