Mesin Predator Sampah, Solusi Circular Economy untuk Zero Waste

Tegal – Bebas sampah adalah filsafat yang mendukung perancangan ulang daur sumberdaya, dari sistem linier menuju siklus tertutup, sehingga semua produk dapat digunakan kembali. Tidak ada sampah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir dan insinerator atau teknologi termal lainnya.

Zero waste merupakan filosofi yang dijadikan sebagai style atau gaya hidup demi mendorong siklus hidup sumber daya sehingga produk-produk bisa digunakan kembali.

Zero waste memiliki tujuan agar sampah tidak dikirim ke landfill. Jadi zerowaste itu tidak hanya mengenai recycle atau mendaur ulang. Ini miskonsepsi yang umumnya terjadi. Padahal sebenernya zero waste itu dimulai dari Refuse, Reduce, and Reuse. Saat benar-benar sudah tidak memungkinkan untuk 3 hal tadi, baru dilakukan Recycle dan Rot.

Intinya zero waste menantang kita semua untuk mengevaluasi gaya hidup kita dan melihat bagaimana sesuatu yang kita konsumsi bisa berdampak negatif terhadap lingkungan. Kenyamanan yang berbentuk dengan produk murah, material yang tidak bisa didaur ulang merusak kesehatan planet kita dan berkembangnya manusia dan spesies hewan di seluruh dunia.

Wakil Walikota Tegal, Muhamad Jumadi ST.MM usai lawatannya ke PT Kemasan Ciptatama Sempurna Jawa Timur menyampaikan,  Pemerintah kota Tegal Selain memanfaatkan sampah plastik untuk campuran aspal juga sedang giat-giatnya mencari total solution agar permasalahan sampah bisa diselesaikan dengan Circular Economy, sehingga yang sebelumnya tidak ada sampah setelah digunakan menjadi sampah kemudian kembali tidak ada sampah atau Zero Waste.

Dengan demikian kita bisa memanfaatkan sampah sebagai upaya solusi total untuk 3 hal yaitu Ketahanan Energi, Ketahanan Pangan dan Konservasi Air dan Lingkungan, pungkasnya

Bahkan guna mendorong terwujudnya program penangulangan sampah di Kota Tegal, Wakil Walikota Tegal menyampaikan, bahwa mesin Predator Sampah milik PT. Kemasan Ciptatama Sempurna  yang berfungsi sebagai pengolah sampah menjadi briket untuk bahan bakar pengganti bahan bakar fosil rencanaya akan dihibahkan kepada Pemkot Tegal (red)

 674 total views,  4 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.