Tegal – Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi saat membuka Seminar Pendidikan Gerakan Tegal Membaca mengatakan menggerakan minat baca bagi warga Kota Tegal tidak dapat dilaksanakan sendiri oleh Pemerintah Kota Tegal. Perlu adanya kerja sama pemkot Tegal dengan Taman Baca Masyarakat (TBM) untuk meningkatkan gerakan literasi.

Bahkan Ia mengajak seluruh masyarakat Kota Tegal rajin membaca buku untuk meningkatkan daya piker dan kecerdasanya sekaligus mempersiapkan generasi muda menjadi lebih baik sehinga kota tegal semakin maju, masyarakat semakin cerdas dan sejahtera.
“Semua pihak dan unsur mulai dari masyarakat, wakil rakyat, tim penggerak PKK, unsur penggiat literasi, swasta, serta seluruh komponen masyarakat, harus bersinergi, bersama-sama sengkuyung memperbaiki budaya membaca bangsa indonesia yang masih rendah,” paparnya

Terkait hal tersebut Ia mengapreiasi kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Tegal ini. hal ini membuktikan bahwa wakil rakyat kita juga sangat peduli dengan dunia pendidikan, utamanya dalam upaya menggerakan minat baca warga kota tegal. bukti lainnya, yakni ruang rapat paripurna ini juga pernah digunakan sebagai tempat launching novel karya seorang PNS Pemkot Tegal, Firman Hadi, yang berjudul “Menjemput Takdir” dan dibedah langsung oleh novelis terkenal Ahmad Tohari.

Kepala Disdikbud Kota Tegal Dr. Johardi mengungkapkan seminar ini meningkatkan budaya baca, memberdayakan pojok baca, mengembangkan penulis muda untuk berkarya, mengimplementasikan literasi dasar yaitu menulis, membaca dan kewarganegaraan kepada masyarakat.
Sebagai narasumber yakni Duta Baca Kota Tegal Dyah Probondari, Forum Taman Baca Masyarakat Nasional Melvi dan Pegiat Literasi Nasional Kang Maman Suherman. Sedangkan sebagai moderator Budayawan Atmo Tan Sidik.

Duta Baca Kota Tegal Dyah Probondari mengajak untuk bersinergi mewujudkan Gerakan Tegal Membaca. Bersinergi mulai tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota.  Dyah menuturkan Gerakan Tegal Membaca konsisten melaksanana sejak 2017 lalu. Mulai dari pawai literasi, emah literasi, dan seminar.

Forum Taman Baca Masyarakat Nasional Melvi  mengapresiasi gerakan literasi di Kota Tegal. Dia berharap dapat diikuti daerah lain. Apabial semua daerah gencar terhadap gerakan literasi, Melvi optimis Indonesia semakin maju dan masyarakat sejahtera.

Pegiat Literasi Nasional Kang Maman Suherman mendukung gerakan literasi di Kota Tegal. Dia berharap perpustakaan di Kota Tegal memiliki pojok baca untuk orang orang berkebutuhan khusus seperti menyediakan buku-buku braile. Maman juga mendukung Pemkot Tegal untuk menggalakan perpustakaan digital.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi dan Ketua DPRD Kota Tegal Kusnedro membacakan puisi Tegalan.(red/Sa/tim)

 99 total views,  3 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.