Tegal – Meningkatnya Aktifitas Masyarakat jelang hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi ST.MM, saat ditemui di rumdin Sabtu (23/5) menerangkan bahwa kondisi pandemi ini belum berlalu, walaupun Kota Tegal sudah Zona Hijau, dan penutupan PSBB dilakuka, namun berbagai evaluasi akan kami terapkan melihat perkembangan selanjutnya dalam melindungi masyarakat Kota Tegal protokol kesehatan akan diterapkan ketat.

Aktivitas masyarakat di luar rumah jelang Idul Fitri pasti meningkat. Pemerintah tidak melarangnya namun harus mematuhi protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kita tidak melarang namun tetap harus mengikuti protokol Kesehatan yang ditentukan yaitu jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir,”

Ini merupakan cara hidup baru di tengah pandemi Covid-19. Pandemi ini belum diketahui kapan berakhirnya, maka satu-satunya cara yang paling tepat adalah melakukan pencegahan dengan membiasakan cara hidup baru, yakni jaga jarak fisik dengan orang lain, memakai masker, rajin berolah raga, dan cuci tangan.

Menurutnya upaya ini harus terus dilakukan jika ingin penularan Covid-19 berakhir. Kebiasaan baru ini lah yang jadi modal utama agar tidak tertular Covid-19.

Cara hidup baru ini tidak betrarti menghalangi masyarakat untuk produktif. Produktivitas harus tetap dilakukan dengan memperhatikan cara pencegahan penularan Covid-19.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bukan berarti selesai, namun harus di evaluasi dan diupayakan agar peran evaluasi  dalam segala kegiatan yang dilakukan khususnya dalam melindungi masyarakat Kota Tegal berinteraksi ditengah pandemi Covid-19 dapat dilakukan dengan aman.

Bahkan Pemerintah Kota Tegal berharap dalam Era Berkehidupan yang baru ini, masyarakat sejatinya lebih waspada dan tetap berprilaku pola hidup sehat, artinya kegiatan apapun yang dilakukan agar tetap memperhatikan imbauan imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan, #jagajarak, #gunakanmasker #cucitangan agar tetap terlindungi

Dalam perbincangannya Muhamad Jumadi juga menyampaikan pesan Wali Kota Tegal,  jangan sampai tidak pakai masker saat keluar rumah, dan juga tetap menjaga jarak, dengan sekitarnya. kedepan akan mengkaji penyusunan Peraturan Wali Kota, termasuk didalamnya terkait sanksi apabila ada masyarakat yang tidak pakai masker.

Terkait pelaksanaan dengan pelaksanaan sholat iedul fitri, tidak semua tempat-tempat ibadah  dibuka, karena bagaimanapun kita posisinya belum aman, walaupun wilayah kota Tegal sudah terkendali (red)

 

 

 

 

 536 total views,  1 views today

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *