Tegal – Meskipun masih masa pandemi covid 19, namun semangat para pramuka harus tetap bangkit untuk mengedukasi membantu pemerintah mewujudkan pembangunan serta mencerdaskan masyarakat, terlebih dalam masa covid 19, pramuka diharapkan dapat mengingatkan masyarakatbuntuk tetap waspada , disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai covid 19.

Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, ST., MM sekaligus sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Kota Tegal, Selasa (15/12) melantik Pramuka Se Kota Tegal di tiap Kecamatan, acara pelantikan dan pengukuhan dilaksanakan dimasing-masing Kwaran Gerakan Pramuka. Sehingga bersamaan dengan hal tersebut anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Tegal, Jawa Tengah resmi dikukuhkan menjadi Pramuka Garuda.

Menurut Muhamad Jumadi, Wakil Walikota Tegal Pramuka Garuda ini baru pertama kali di Kwartir Cabang Kota Tegal. “Ini kita sebut sebagai embrio atau cikal bakal awal terbentuknya Pramuka Garuda di Kota Tegal,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam pelantikan yang di lakukan di tiap Kecamatan secara bergantian dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Dirinya juga menambahkan, Pramuka Garuda merupakan Anggota Muda Gerakan Pramuka yang telah mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi pada masing-masing jenjang pendidikan kepramukaan.

Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega ditetapkan sebagai Pramuka Garuda jika telah memenuhi syarat- syarat yang telah dintentukan dalam Petunjuk Kwartir Nasional tentang Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Pencapaian Pramuka Garuda harus melalui proses yang telah diatur dalam kepramukaan. Menurut Jumadi, peserta didik mengikuti proses latihan sesuai dengan petunjuk dan arahan Pembina dan menjadi teladan dilingkungannya. Khusus Pramuka Penegak dan Pandega Ikut serta berperan dalam membantu membina peserta didik.

Selanjutnya Pembina memberikan motivasi dan bimbingan secara terus-menerus dalam satuan pendidikan dan atau lingkungan masyarakat dengan mengacu pada prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan.

Keluarga memberikan dorongan dan suasana yang menyenangkan bagi peserta didik melalui tahapan proses latihan yang memadai di gugus depan sehingga mampu mencapai predikat Pramuka Garuda dan Kwartir memberikan motivasi dan memfasilitasi penyelenggaraan penilai pencapaian Pramuka Garuda.(red)

 1,260 total views,  1 views today

Detak Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.