Melawan TOMAN Sang PREDATOR Waduk Cacaban

SLAWI-  Waduk Cacaban adalah sebuah bendungan  yang terletak di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia dengan luas areal waduk mencapai 928,7 hektar dan didukung dengan latar belakang pemandangan hutan dengan panorama yang indah serta panorama yang tak pernah membosankan para wisatawan yang berkunjung.

Selain wisata GUCI kawasan pegunungan  dan wisata  Pantai Indah Purwahamba (Purin), waduk ini juga menyimpan banyak misteri, bahkan akibat populasi ikan berjenis Toman pendapatan nelayan sekitar  semakin berkurang.

Dilansir dari Wikipedia, ikan toman adalah nama sejenis ikan buas dari suku ikan gabus (Channidae). Memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan gabus, toman dapat tumbuh besar mencapai panjang lebih dari satu meter dan menjadi spesies yang terbesar dalam sukunya.

Ikan Toman dalam bahasa Inggris dikenal sebagai red snakehead. Redline merujuk pada warna  tubuhnya ketika muda, atau Malabar snakehead. Sementara, snakehead mengacu pada bentuk kepalanya yang menyerupai kepala ular. Di dalam kamus ilmiah, ikan ini memiliki nama Channa micropeltes.

Pembina Perkumpulan Pemaser Ikan Indonesia (PPII), Agus Budi Hartono, menilai  populasi ikan toman sebagai ikan predator kian memprihatinkan dan harus dikurangi untuk menjaga populasi ikan tangkap dengan demikian pendapatan nelayan Waduk Cacaban tidak terus menurun.

“Itukan ikan predator, yang memang harus kita ambil. Itu bukan ikan Tegal, bukan ikan lokal, itu ikan lain yang datang kesini cuma ngabisin ikan kita,” hal tersebut dikatakan usai evaluasi pelaksanaan Eksplorasi Waduk Cacaban yang dilaksanakan oleh sekitar 40-an anggota Paser Mania Tegal (PMT) pada Sabtu (01/08/2020). lalu

Lain lagi pendapat salah seorang pria yang biasa disapa dengan panggilan  Bang Ayiep,

“Kami meyakini bahwa di dalam perairan Waduk Cacaban ada ikan  toman. Kita sudah lakukan evaluasi dan memang ada ikan toman dan kedepan kita explore lagi dalam bentuk yang lebih besar,” paparnya yakin.

Populasi ikan Toman yang terus berkembang akan menjadi permasalahan baru apabila tidak segera di lakukan tindakan, hal ini dikarena ikan toman predator tersebut akan memangsa ikan tangkap dan lamban laun akan punah karena keberadaan ikan toman. (Red)

 52 total views,  4 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.