Tegal – “(Ingatlah wahai Muhammad), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu lalu Dia mengabulkan permohonanmu.” (QS Al-Anfal:9)

Ayat ini menjelaskan peristiwa ketika Nabi Muhammad SAW memohon bantuan dari Allah SWT, saat itu beliau berada di tengah berkecamuknya perang badar dimana kekuatan musuh tiga kali lipat lebih besar dari pasukan Islam. Kemudian Allah mengabulkan permohonan Nabi dengan memberi bantuan pasukan tambahan berupa seribu pasukan malaikat.

Istighotsah sebenarnya sama dengan berdoa akan tetapi bila disebutkan kata istighotsah maka mempunyai makna lebih dari sekedar berdoa, karena yang dimohon dalam istighotsah adalah bukan hal yang biasa biasa saja. Oleh karena itu, istighotsah sering dilakukan secara kolektif dan biasanya dimulai dengan wirid-wirid tertentu, terutama istighfar, sehingga Allah SWT berkenan mengabulkan permohonan itu.

Wakil Wali Kota Muhamad Jumadi ST.MM berinisiatif mengadakan Istighotsah Online terkait adanya wabah virus corona yang merebak di Kota Tegal bahkan Indonesia pada umumnya.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Tegal memohon doa agar wabah virus corona segera berakhir serta masyarakat Kota Tegal senantiasa diberikan keselamatan dan kesehatan.

Ia juga menambahkan saat ini wabah virus corona sedang merebak, sehingga kita sebagai umatnya harus senantiasa memanjatkan doa serta memohon kepada Allah SWT agar segera wabah yang merebak usai dan kita kembali dalam berkehidupan yang penuh nikmatNya

Sementara Kapolresta Tegal AKBP Siti Rondhijah dalam live streaming mengapresiasi langkah langkah yang diambil pemerintah Kota Tegal, serta mengapresiasi keputusan Habib Thohir yang telah dengan bijak membatalkan acara akbar di Masjid Agung Kota Tegal.

Selain itu Dirinya juga berterima kasih kepada ulama dan umara serta pemerintah Kota Tegal yang telah berupaya memutus mata rantai virus corona dengan sosialisasi kemasyarakat yakni social distancing, menjaga jarak, dan tidak berkerumun, untuk itu dalam live streaming Polresta Tegal beserta jajarannya berdoa dan berharap wabah ini segera usai dan dapat masyarakat dapat bekerja seperti sedia kala.

Sedangkan Habib Thohir Al Kaff dalam tausiahnya mengatakan bahwa dalam berkehidupan manusia senantiasa diberikan tantangan, adanya wabah virus corona yang sangat berbahaya ini, mudah menular memang sangat membutuhkan penaangan yang serius, namun semua itu kembali kepada Allah yang Maha Kuasa, hanya kepadaNya kita berserah diri dan memohon dan Hanya KepadaNya kita berdoa agar Kota Tegal dan Indonesia pada umumnya segera terbebaskan dari wabah virus corona. (red/tim)

 952 total views,  2 views today

Detak Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *