Media Network

28 Oktober 2020

Tanjakan Leter “S” BUKIT SIWUNI – KALIBAKUNG – KARANGJAMBU

1 min read

Penulis : Bung Baedy (FB)

detakindonesia.com – Ketika kita akan menuju objek wisata Guci, bagi kita yg berasal dari utara maka kita akan melewati jalan tanjakan di area Bukit Siwuni. Jalan inilah yg sering disebut sebagai ‘tanjakan leter S’.

Tanjakan ini tepatnya berada di Desa Karangjambu. Berdasarkan catatan sejarah yg tercecer, tanjakan ini dahulunya adalah bukit Siwuni. Nama ‘Siwuni’ sendiri ada dua pendapat. Pertama siwuni berasal dari kata ‘wuni’ yaitu nama sebuah pohon. Kedua, wuni diduga berasal dari nama seseorang yg dulu mendiami bukit ini. Pada tahun 1920 – an bukit Siwuni dijadikan akses jalan setapak utk menuju ke Waduk Blembeng (blimbing), yg letaknya tidak jauh dari Kalibakung (kurang lebih 20 – 25 menit perjalanan kaki). Namun waduk ini sekarang telah tiada.

Kemudian sekitar tahun 1972 – 1974 separuh bukit siwuni dibuat pelebaran jalan, adapun pelebaran jalan ini adalah sebagai akses menuju ke Objek Wisata Guci.

Namun sangat disayangkan sekali, karena akses tanjakan jalan ini yg sangat ekstrim apabila tidak berhati hati maka akan menyebabkan banyak sekali kecelakaan di daerah ini. Secara ilmu safety memang kondisi jalan yg tidak aman. Namun disisi lain tentunya menuai misteri yg melatar belakanginya. Apakah misteri itu? Benarkah banyaknya kecelakaan yg terjadi juga ada sangkut pautnya dg sesuatu yg tak terlihat? Yuk simak penjelasannya di chanel youtube Elsci TV.
Berikut link nya :
https://youtu.be/eQBzyqi8fx0

Foto :
1. Elsci tv
2. m.rri.co.id
Sumber :
1. Elsci tv
2. Cerita pitutur warga Kalibakung – Karangjambu (***)

 195 total views,  3 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *