Detakindonesia.com – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah selenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Pangkalan Satuan Karya Pramuka (SAKA) tahun 2022. Kegiatan yang diselenggarakan di Kwartir Cabang Kota Tegal pada 17-20 Oktober 2022 tersebut berlangsung di Aula Sanggar Pramuka Kwarcab Kota Tegal ,Jalan HangTuah no .23 Tegal.

Kegiatan Bimtek Pengelolaan Pangkalan Saka dibuka oleh Ketua kwarcab Kak Muhammad Jumadi,ST,MM.,pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan Bahwa kebutuhan dan perkembangan Gerakan Pramuka menghendaki agar satuan karya (SAKA) dapat menyesuaikan dengan perkembangan kelembagaan negara,kemajuan dunia kerja serta pertumbuhan profesi baru akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi dan seni ,supaya lebih menyerap aspirasi peserta didik.

Sehingga anggota saka yang nota
bene adalah para generasi muda,perlu menguasai kecakapan hidup,yaitu serangkaian pengetahuan,sikap dan kecakapan kejuruan yang berkaitan dunia kerja,baik dunia kerja kerelawanan,kewirausahaan,pengabdian masyarakat.

Sekarang ini,keterampilan yang di peroleh di pangkalan saka lebih menjurus pada kecakapan vokasional,sehingga diharapkan mampu memasuki dunia kerja secara profesional.
Tugas Kakak-kakak selaku pengelola satuan karya Pramuka nampaknya sangat berat.Namun kalau kita memahami bahwa tugas pembinaan generasi muda adalah tanggung jawab kita bersama-sama.

Dan dalam lingkungan organisasi Pramuka tanggung Jawab tersebut di laksanakan secara kelembagaan dan bersifat kolegial bukan perorangan.Maka semuanya akan menjadi mudah.Tentunya harus dilaksanakandengan penuh suka rela,ikhlas dan riang gembira.
Beliau juga berpesan bagi saka-saka yang sudah aktif seperti saka Bhayangkara,Bahari,Wira Kartika dan Kalpataru tingkatkan aktifitas dan pengabdiannya kepada masyarakat pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama pula Kak Surip,S.Pd,M.Pd selaku Koordinator Kegiatan Bimtek yang di fasilitasi dari Kwarda Jawa Tengah menyampaikan tujuan di adakan kegiatan ini adalah Memiliki sumber daya manusia sebagai pimpinan saka,pamong saka,instruktur saka dan dewan saka yang memadai,menerapkan manejemen dan pengelolaan administrasi yang efektif dan efisien di mulai dengan melaksanakan musyawarah pangkalan saka,Mampu menyusun dan melaksanakan program kerja,program latihan di pangkalan saka dan mampu melaksanakan ujian syarat kecakapan khusus (TKK) bagi anggota yang mengarah pada kecakapan hidup.

Sedangkan materi bimtek anatara lain, Fundamental kepramukaan, profil pangkalan saka yang dinamis dan produktif,Peraturan satuan karya Pramuka,Kreasi job creation dan ketrampilan vokasional,pengelolaan pangkalan saka dan Program kerja pangkalan satuan karya (saka).Kegiatan Bimtek Di hadiri oleh Kak Roro Nawang Wulan dari Kwarda Jateng, Bambang Suwidagdo,SH.,M.AP Waka Bina satuan,M.Ali Masruri,S.Ag.M.Pd.,Waka Binawasa,Sudoro,S.Pd.,M.M., waka Organisasi dan Hukum,M.Chaerudin,S.Pd Waka Humas dan Abdimas,Agung Santiaji,SIP.,MM Sekretaris Kwarcab, Muchtar,S.Pi.,Mtr.Pi., Kapusdiklat,Pelatih,Pimpinan saka,pamong saka,Instruktur Saka dan Dewan Saka Bhayangkara,Bahari ,Wirakartika,Bhakti Husada dan Kalpataru.(red)

 41 total views,  1 views today

Redaksi