Kunjungi Bulog Kabupaten Tegal Muhadjir Ingatkan Komitmen Transporter

Slawi – Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy ke Gudang Bulog di Kabupaten Tegal dan Brebes, Rabu (30/9), berkaitan dengan monitoring program bantuan beras bagi KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH (Program Keluarga Harapan) guna melihat langsung proses pengemasan maupun kelayakan beras yang akan diberikan kepada masyarakat.

“ Kami melihat langsung proses pengemasannya di Tegal maupun Brebes semuanya bagus dan sudah memenuhi standar,” jelas Menko PMK di Gudang Bulog

Muhadjir Effendy, mengingatkan pentingnya komitmen transporter alias vendor jasa pengiriman barang dalam distribusi beras kepada masyarakat, menjadi peran utama.

“Beras tidak boleh ditumpuk, harus dipastikan sampai kepada penerima. Tanggung jawab transporter harus menjamin beras sampai ke rumah. Koordinasikan dengan pemerintah daerah,” tegas Menko PMK dalam tinjauanya di Gudang Bulog Munjungagung Kabupaten Tegal yang juga nampak dihadiri Bupati Tegal Hj.Umi Azizah

Bantuan sosial beras ini merupakan bantuan tambahan yang di berikan kepada para KPM PKH dalam program Jaring Pengaman Sosial (JPS) mengurangi dampak Covid-19. Sesuai Intruksi Presiden Joko Widodo, beras ini disalurkan guna meringankan beban masyarakat terutama para KPM PKH dalam menghadapi wabah Virus Corona atau Covid 19.

Tiap KPM PKH menerima 15 kilogram per bulan dan akan diberikan selama tiga bulan berturut-turut (Agustus-Oktober 2020). Se Indonesia dialokasikan sebanyak 10 Juta KPM PKH se Indonesia. Untuk wilayah Kabupaten Tegal diperuntukkan 60.054 KPM PKH, Kota Tegal tercatat 7.402 KPM PKH, dan Kabupaten Brebes sebanyak 117.618 KPM PKH.

“Brebes menjadi penerima terbanyak bila dibandingkan dengan daerah lain, makanya saya langsung cek ke sini,” ungkapnya.

Menko PMK mengingatkan, bahwa dunia akan mengalami krisis pangan akibat Pandemi Covid-19. Sehingga langkah-langkah ketahanan pangan harus dilakukan bersama. Semangat menanam dan berjuang dalam dunia pertanian harus terus digelorakan.

Sebelumnya, Menko PMK juga mengunjungi RSUD Brebes untuk memberikan Alat Pelindung Diri (APD) bagi Tenaga Kesehatan.  Menteri mengunjungi poli pendaftaran, poli paru, dan selanjutnya menyerahkan bantuan Pakaian Hazmat sebanyak 1.000 Pcs dan Masker jenis KN 95 sebanyak 2.500 Pcs dari pusat Krisis Kemenkes RI. (Red)

 

 30 total views,  2 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.