Tegal – Kabar Duka wafatnya, BAKRI bin Karnawi, Kopral (Purn) TNI AL (C.A.IV) di usianya 90 tahun langsung direspon cepat Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi yang Langsung menuju rumah duka di Jalan Werkudoro Kota Tegal, bahkan turut mengantar jenazah Almarhum hingga peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan Kota Tegal. Sabtu (1/5)

Menurut Jumadi, Pemerintah Kota Tegal Kehilangan Sosok Pahlawan yang rendah hati dan sangat baik semoga Allah SWT Menerima Amal Ibadahnya dan Mengampuni Segala Dosa dan Kesalahannya, Alfatihah,Amin, Semoga Kita Bisa Menauladani Perjuangan Beliau, Buat Generasi Muda Hormati Para Pahlawan dan Orang Tua Kita, terangnya

Almarhum tercatat sebagai salah satu pelaku sejarah prajurit Corps Armada IV (CA IV ) Tegal tempat berdirinya Korps Marinir, seperti dilansir dari laman Media Sosial Facebook akun resmi Lanal Tegal, Alm Kopral Bakri ikut bertempur dalam perang Kemerdekaan mempertahankan kemerdekaan Indonesia hingga berakhirnya agresi militer ke 2 tahun 1949.

Daerah operasinya mulai dari Tegal, Slawi, Pemalang, Pekalongan dan Batang. Salah satu pertempuran yang diikutinya adalah pertempuran di Wanarata – Pemalang yang menyebabkan gugurnya Letnan Sutomo. Untuk mengenang kepahlawan mereka di Wanarata Korps Marinir telah membangun sebuah monumen sejarah yang kita beri nama Tugu Wanarata.

Bahkan tahun 1970 Korps Marinir juga telah mempersembahkan sebuah jembatan untuk rakyat yang menghububgkan jalur utama Wanarata – Pemalang, yang di resmikan oleh Komandan KKO AL (Korps Marinir) Mayjen TNI KKO Moekijat, hingga saat ini jembatan dengan konstruksi besi tersebut masih berdiri kokoh dan dimanfaatkan untuk masyarakat. (red)

 555 total views,  1 views today

Detak Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.