Detakindonesia.com – Komite Teater Dewan Kesenian Kota Tegal (DKT) menggelar Festival Monolog Pelajar SMA/SMK/MA se-Jawa Tengah.

Festival yang digelar tersebut menghadirkan 20 peserta yang melalui tahapan kurasi secara online dan memilih enam finalis yang dipentaskan di Teater Arena Taman Budaya Tegal, Minggu (24/10).

Keenam finalis tersebut berasal dari SMK Negeri 3 Kudus, SMA Negeri 5 Semarang, SMK Negeri 4 Kendal, SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal, SMK Muhamadiyah Kramat Kabupaten Tegal dan SMA Negeri 1 Kota Tegal.

Komite Teater DKT, Seful Mu’min menyampaikan sambutannya bahwa penyelenggaraan festival tersebut merupakan ajang untuk menumbuhkan minat pelajar dalam dunia seni peran khususnya teater dan monolog.

“Semoga muncul bibit baru dalam dunia seni peran, terutama di kalangan anak muda kita, sehingga seni peran tetap digandrungi para pelajar,” ujar Seful.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Kota Tegal Yono Daryono mengutarakan bahwa sebagain orang mengutarakan bahwa Kota Tegal adalah kota teater.

“Ini salah satu membuktikan bahwa Kota Tegal Kota Teater, dimana penyelenggaraan teater terus ada, hal itu juga pernah diakui WS Rendra,” ujar Yono.

Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono melalui sambutannya yang dibacakan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Herlien Tjokrowati menyampaikan pesan kepada semua peserta agar terus menumbuhkembangkan kecintaan terhadap seni dan budaya, sebagai upaya untuk membangun karakter, kecerdasan, kreatifitas dan inovasi generasi muda Indonesia.

‘’Saya harapkan agar kegiatan ini dapat terus berlanjut sehingga dapat meningkatkan motivasi pelajar di bidang seni budaya. Ini juga menjadi ajang bergengsi untuk pelajar dalam pengembangan bakat, khususnya drama tunggal, alias monolog,’’ ujarnya.

Usai menyaksikan para finalis, dewan juri yang terdiri dari Yono Daryono, Wage Tegoeh Wijono dan Bontot Sukandar yang menentukan para pemenang yakni Penyaji Terbaik 1 SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal, Penyaji Terbaik 2 SMKN 4 Kendal, Penyaji Terbaik 3 SMAN 5 Semarang, Penyaji Harapan 1 SMAN 1 Balapulang Kabupaten Tegal, Penyaji Harapan 2 SMAN 1 Kota Tegal dan Penyaji Harapan 3 SMKN 3 Kudus.(red)

 200 total views,  1 views today

Redaksi