Kolaborasi dan Sinergi Antara Pemkot Tegal dengan Tokoh Agama Mampu Mencegah Gelombang Kedua

Tegal – Menindaklanjuti sosialisasi Surat Edaran (SE) Menteri Agama No. 15 Tahun 2020 yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, S.T.M.M., meninjau tempat-tempat ibadah pada, guna memastikan penerapan protokol kesehatan, Rabu (3/6).

Ada lima tempat ibadah dan satu pesantren yang ditinjau Yakni Gereja Bethel Indonesia di Jl. Asem Tiga, GP di Mahanaim Jl. Kapt. Ismail, Gereja Kristen Jawa Tegal Jl. Dr. Sutomo, Metta Vihara Jl. Udang, Klenteng Tek Hay Kiong Jl. Gurame dan Ponpes Al Munawwaroh Jl. Prof. Dr. Buya Hamka Kelurahan Margadana Kota Tegal.

Menurut Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi ST.MM  dalam pelaksanaan new normal, dibutuhkan kolaborasi dan sinergi antara Pemerintah Kota Tegal bersama seluruh tokoh agama di Kota Tegal.

“Harapan kami di era new normal ini tidak terjadi outbreak kembali atau gelombang kedua terjadi di Kota Tegal, yakni dengan meningkatkan protokol kesehatan tanpa kompromi. Pakai masker wajib, jaga jarak juga wajib, dan lainnya di masa new normal ini,” jelasnya kepada media.

Terkait ibadah dengan tata cara online, Wajil Wali Kota  melihat Gereja Mahanaim dan  GBI selama ibadah sudah dilaksanakan online saat PSBB. Tetapi karena sudah era new normal, ibadah boleh dilakukan dengan protokol kesehatan tanpa kompromi.

Dalam peninjauannya Wakil Wali Kota Tegal  menyatakan kesiapan tempat ibadah sesuai protokol kesehatan dengan baik.

“Mereka sudah menyediakan thermogun, tempat cuci tangan, bahkan ada edukasi kepada jamaah. Misal jemaat yang sakit tidak usah ke gereja, jemaat usia lanjut dan anak-anak tidak usah ke gereja. Kalau yang sepuh dan anak-anak lebih beresiko. Sehingga mereka diarahkan untuk memakai online,” jelasnya

Sepertihalnya di Ponpes Al Munawwaroh Kelurahan Margadana Kota Tegal selain meningkatkan protokol kesehatan, Ponpes tersebut berencana akan membuka belajar di hari Senin pekan yang akan datang, sudah menggunakan protokol kesehatan untuk menyongsong era new normal.(Red)

57 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.