Ketua Kwarcab Melantik Andalan Kwartir dan Melepas Kontingen Jamnas Kota Tegal 2022 di Cibubur .

  • Whatsapp

Detakindonesia.com – Tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda kini semakin komplek sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak, termasuk di dalamnya Gerakan Pramuka untuk mengatasi permasalahan sesuai dengan satya pramuka kedua yakni ‘ menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.’

Demikian disampaikan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tegal HM Jumadi,ST,MM, ketika melantik pengurus Andalan Kwartir Ranting se Kota Tegal di Sanggar Pramuka Jl.Hang Tuah Kota Tegal, Selasa 9 Agustus 2022.

Pelantikan diawali dengan Sumpah Janji dan sejumlah pertanyaan oleh ketua kwarcab kepada Ketua Kwaran, serta ditandai dengan penyematan sebagai Andalan Kwaran, masing- masing kepada Solihin Ketua Kwaran Margadana, Suharto, Ketua Kwaran Tegal Selatan, Chumayah Kwaran Tegal Timur dan Edi Purwanto Kwaran Tegal Barat.

Jumadi selannjutnya mengatakan,, bahwa pendidikan pramuka adalah untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertaqwa, berahlaq mulia serta mempunyai kecakapan maupun taat hukum dan disiplin. Dengan demikian maka setiap pembina pramuka betul – betul serius penuh tangggung jawab disertai dengan jiwa kreatif dan inovatif.

Begitu pula dengan kegiatan pelantikan Andalan kwastir, merupakan upaya memantapkan organisasi sistim manajemen dan sumber daya manusia yang mampu membangkitkan kembali gairah ke pramukaan di tingkat Ranting atau Kecamatan.

Selesai melantik Andalan Kwartir Ranting, empat Kecamatan yang ada di Kota Tegal, Ketua Kwarcab yang juga Wakil Walikota Tegal, melepas Kontingen Pramuka Penggalang yang akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) di Bumi Perkemahan WiLADATIKA Cibubur Jakarta. 10 hingga 22 Agustus 2022.

Jumlah peserta Jamnas ssbanyak 16 anak, putra /putri dengan.pendamping 8 oramg pembina. Seperti yang dijelaskan oleh Pembina Pendamping Edi Purnomo, Spd dari SMP 17 Tegal, bahwa tujuan mengikuti Jamnas adalah untuk pengembangan jati diri pendidikan bidang mental, intelektual, serta sosial, yang baik secar individu.mapun bermasyrakat.

Dalam kegiatan Jamnas yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi, Kontingen Kota Tegal bergabung dengan kontingen Purbalingga, Pemalang dan Banyumas dengan menampilkan atraksi Senam Simapor.

Kontingen Jamnas Kota Tegal dilepas oleh Wakil Walikota Tegal yang juga Ketua Kwarcab yang ditandai dengan pemakaian Jaket Kontingen kepada peserta secara simbolis. Jumadi berpesan , supaya peserta tetap menjaga kesehatan, dan selalu berbuat baik sesama anggota kontingen,

Tolong jaga nama baik kota Tegal dan tampil yang terbaik, tidak usah ragu harus percaya diri.’ kata Jumadi

” Ini adalah kesempatan dan momem terbaik bagi kehidupan kalian sebab kedepan kalian belum tentu bisa.mengikuti Jamnas ini.’

Jumadi berharap juga kegiatan jamnas ini menjadi pijakan awal untuk kesuksesan menjadi seorang pemimpin dimasa depan.

” Untuk itu kalian harus semangat dan minta doa kepada orang tua supaya tetap sehat dan selamat.” Pungkas Jumadi. (Red)

 155 total views,  2 views today

Pos terkait