Tegal – Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia, Riswanto menyampaikan apresiasinya kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo, S.E., M.M., saat mengunjungi Kota Tegal terkait diberikannya ijin Kapal Cantrang untuk melaut walaupun dengan berbagai syarat.

Bahkan dirinya berterima kasih adanya Aplikasi Online Silat dalam kepengurusan ijin melau, sehingga nelayan tak atau pemilik kapal tak perlu harus ke Jakarta.

Silat merupakan aplikasi perpanjangan, perubahan dan penggantian Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) serta Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI) secara online. Izin ini berlaku bagi kapal ikan dengan ukuran di atas 30 gross ton (GT).

Namun disisilain Riswanto, saat di temui. Selasa (7/7) mengatakan saat ini dengan adanya aplikasi online memudahkan dalam kepengurusan ijin bahkan selain aplikasi, kebijakan pemerintah saat ini banyak memberikan manfaat bagi nelayan, jelasnya

Terkait BPJS Ketenaga Kerjaan, dirinya ingin mendorong pemerintah untuk lebih mempermudah sehingga keselamatan  para nelayan lebih safety saat melaut. Hal ini dikarenakan masih sering terjadinya kendala.

Ia menambahkan, saat pemilik kapal mendaftarkan anak buah kapal untuk diikut sertakan dalam BPJS sering terjadi data yang diserahkan mengalami valid atau kurang kelengkapan,  pasalnya  nelayan sudah melaut baru mendapat pemberitahuan sehingga sulit untuk memenuhi kelengkapan tersebut.

“Kejadian ini sebenarnya merugikan para nelayan, pasalnya saat terjadi musibah, nelayan tersebut sulit untuk mendapatkan asuransi karena ternyata data yang diserahkan belum sesuai syarat yang ditentukan, ujarnya

Dirinya berharap, kedepan dengan kehadiran menteri kelautan dan perikanan di Kota Tegal, akan membawa angin segar bagi para nelayan, sehingga akan lebih mensejahterakan kehidupannya serta mampu meningkatkan harga jual hasil tangkapannya.

Andil pemerintah dalam mensejahterakan nelayan dan keluarganya menjadi harapan, kehadiran menteri kelautan Edhy Prabowo dapat menjadi motivasi tersendiri bagi nelayan untuk mendapatkan perlindungan dan kesejahteraan.  (Red)

 707 total views,  1 views today

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.