Keragaman Bahasa Keseharian Masyarakat Desa Kalinusu, Tantangan Satgas TMMD Ke 109 Brebes

Brebes – Naluri keingintahuan ini lagi- lagi mengugah Jiwa, rasa penasaran kabar tersebar adanya wilayah terisolasi di Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes membuat diri ini ingin menerabas menuju lokasi yang letaknya kiloan meter dari Kota Bumiayu yang tersohor dengan tak hentinya aktifitas perdagangannya siang maupun malam.

 

Rabu (23/9/2020) Kami bersama tim mulai mengobati rasa penasaran yang menganjal dengan menyusuri jalan berkelok menaiki bukit, mungkin bagi warga Jakarta bisa dikatakan bagai jalur saat menuju puncak cipanas atau Gadok.

 

Bisa dibayangankan,  jarak tempuh ke kota dan kurangnya  akses antar wilayah membuat wilayah ini terisolasi, dalam perjalanan menuju Desa Kalinusu tak satupun kami temukan Mini market besar atau ATM sebuah Bank  yang notabenenya sebagai tolok ukur kemajuan sebua desa.

 

Tidak hanya itu, dari Desa Kalinusu ternyata masih ada dusun di balik indahnya bukit yang mengelilingi, yakni Dusun Kedung Kandri yang jika di tembus akan menuju Dusun Maribaya dan jika ditarik garis lurus akan menembus wilayah Salem Kabupaten Brebes.

 

Selain itu lagi ditengah Desa Kalinusu terdapat sumber mata air yang konon penuh dengan cerita skaral yakni Kolam Mata Air Sumber Aji yang tak pernah kering meskipun di musim kemarau, tak hanya itu keramahan penduduk dengan bahasa sunda atau Jawa Barat menandakan ada kekuatan dalam persatuan di wilayah Kabupaten Brebes khususnya Desa Kalinusu, hal ini dikarenakan mereka berkomunikasi dengan dua ragam bahasa yakni Brebesan (Jawa)  dan Sunda ( Jawa Barat)

 

Hal ini kami saksikan sendiri, Ibu Onah (56) warga di Desa tersebut asik berbincang dengan salah seorang pria paruh baya menggunakan bahasa antara Jawa dan Sunda, belum lagi saat mereka berkomunikasi dengan Satgas TMMD, di sinilah keistimewaan TMMD ke 109 Kodim 0713/Brebes para Satgas di tantang untuk membangun dan menyatukan persepsi dalam mengedukasi masyarakat selama program TMMD berlangsung.

 

Adanya program TMMD Ke 109 Kodim 0713/ Brebes  di tengah masa pandemi covid 19 di wilayah Desa Kalinusu sangatlah tepat, mulai dari infrastruktur hingga kegiatan edukasi menjadi babak baru bagi masyarakat sekitar guna bangkit mengapai kesejateraan.

Perlu diketahui, kehadiran Satgas TMMD ke 109 TA 2020 Kodim 0713/Brebes menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dusun Kedung Kandri maupun warga Desa Kalinusu, mereka  berbaur, bersenda gurau hingga mendapatkan berbagai edukasi dari anggota TNI.

 

Kini senyum pesona  masyarakat Dusun Kedung Kandri akan terus bersinar, seiring derap langkah pembangunan yang dilakukan secara bersinergi, antara TNI – Polri serta Pemkab Brebes, kelak tak ada lagi wilayah terisolasi, dan diharapkan usai program TMMD ke 109  nanti Pemerintah Kabupaten Brebes diharapkan mampu menerapkan program program kesejahteraan berikutnya hal ini agar perekonomian masyarakat terus berkembang.

 

Terlebih lagi kami juga mendapat informasi dari masyarakat sekitar saat berada dilokasi menyaksikan Apel siaga Satgas TMMD Ke 109 Kodim 0713/Brebes,  bahwa melihat banyaknya potensi sumber alam membuat Pemerintah Kabupaten Brebes berencana membangun kawasan wisata alam guna meningkatkan perekonomian. (red)

 

 

 

 

 

 68 total views,  2 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.