Detakindinesia.com – Menteri Agama RI H Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, para santri mendapatkan kado istimewa dari Presiden RI pada Hari Santri Nasional 2021. Kado tersebut berupa telah ditekennya Peraturan Presiden No 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren.

Terbitnya Perpres ini diharapkan, kian meningkatkan kualitas pendidikan pesantren di Indonesia. Karena ada regulasi baru yang memperkuat bagi pemerintah daerah untuk membantu dalam hal alokasi anggaran.

Hal tersebut disampaikan Menteri Agama, upacara Hari Santri Nasional tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual melalui canal YouTube Kemenag RI. Jumat, (22/10). Upacar tersebut juga diikuti secara virtual oleh Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH beserta jajaran Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Brebes di Aula kantor Kemenag setempat.

Terkait dengan peringatan hari Santri Nasional, bahwa sejarah perjalanan santri di Indonesia sangat panjang, bahkan bisa diikuti sejak era wali songo sampai masa sekarang.
“Indonesia tidak akan merdeka jika tidak ada santri. Santri adalah aset luar biasa yang dimiliki Indonesia. Dari para santri inilah, bangsa Indonesia memiliki karakter yang kuat sekaligus mampu mempertahankan persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan,” ujar Menag RI.

Sebagaimana Tema Hari Santri 2021 Santri Siaga Jiwa Raga, santri kedepan siap siaga menyerahkan jiwa raga membela dan mempertahankan tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia. Dalam hal ini santri yang akan menjaga agama dan tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia, pungkasnya.

Upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 secara virtual ini, juga diikuti pejabat, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Kepala Kantor Kemenag Brebes, Drs H Fajarin MPd, Staf Ahli Kesra Ahmad Ma’mun, tokoh agama, jajaran Staf karyawan dan karyawati kantor Kemenag Brebes, para peraih penghargaan, perwakilan dari berbagai pondok pesantren (Ponpes) di Brebes, serta tamu undangan lainnya.

Diakhir acara, diserahkan juga simbolis oleh Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH didampingi Kepala Kemenag Brebes 500 buku ajar Madin dan taman Pendidikan Qur’an (TPQ) dari Perwakilan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Ahmad Sururi dan Miftahudin dari Badko Lembaga Pendidikan Qur’an (LPQ), TPQ Al Hidayah Desa Salem Kec. Salem Brebes Muhsin, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Darul Ulum Desa Bagsri Kec. Bulakamba Tasyirin, selanjutnya
Penyerahan Penghargaan Kepada Ustad Berprestasi Program IT yakni Ustad Mohamad Toha, dan penghargaan kepada siswa MTSN 2 Brebes yakni Maftuh Basthul Birri Juara 1 peraih medali emas Lomba Bahasa Arab Tingkat Nasional, dan Nahdia Lailatul Aulia Juara1 Tingkat Nasional dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM).
Penul,is : Suprapto
Editor : Wasdiun

 132 total views,  1 views today

Detak Indonesia