Detakindonesia.com – Sejumlah 12 Sekolah Luar Biasa (SLB) se eks Karesidenan Pekalongan mengikuti Pertemuan Pramuka Luar Biasa yang digelar di Bumi Perkemahan Bahari, Kota Tegal, Senin 20 Desember 2021.

Perwakilan dari 12 SLB tersebut yaitu dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang.

Acara dibuka oleh Ketua Kwarcab Kota Tegal, M Jumadi, ST.,MM selaku inisiator dari Pertemuan Pramuka Luar Biasa se Binwil Pekalongan.

“Ini adalah pertama kali pelaksanaan perkemahan Pramuka Luar Biasa di eks Karesidenan Pekalongan dan ini akan jadi barometer untuk pelaksanaan hal serupa ditingkat provinsi maupun nasional,” jelas Jumadi.

Kepada masyarakat, Wakil Walikota Tegal, Muhamad Jumadi berpesan agar masyarakat tidak membedakan antara anak berkebutuhan khusus dengan yang normal.

“Kita harus memberikan hak yang sama terhadap anak berkebutuhan khusus untuk dapat berprestasi termasuk dalam mengikuti kegiatan kepramukaan,” pesannya.

Disaat yang sama juga selaku Ketua panitia Pertemuan Pramuka Luar Biasa se Binwil Pekalongan, Sudoro, S.Pd.,MM mengatakan bahwa persiapan pelaksanaan kegiatan dilakukan selama seminggu.

“Persiapan satu minggu dan kita sudah paparkan di SLB PRI Pekalongan yang dihadiri 12 Gudep SLB se Karesidenan Pekalongan,” terang Sudoro.

Dijelaskan lebih lanjut, untuk pelaksanaan kegiatan selama satu hari dengan diisi berbagai macam kegiatan dari mulai pentas seni sampai penjelajahan.

Kegiatan selama satu hari dari mulai upacara pembukaan, tampilan pentas seni, penjelajahan, perlombaan dan sorenya upacara penutupan,” tambahnya.

Untuk kegiatan penjelajahan sendiri terdiri dari beberapa pos antara lain pos 1 PBB, pos 2 KIM, dan pos 3 tali temali sambil melihat Museum Bahari di Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal.

“Setelah Ishoma akan dilanjut lomba jalan bakyak yang akan dilangsungkan di lapangan Bumi Perkemahan,” pungkasnya. (red)

 281 total views,  2 views today

Redaksi