Detakindonesia.com – Pesta siaga yang di selenggarakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tegal berlangsung di Bumi Perkemahan Bahari, Komplek Pantai Alam Indah Kota Tegal, Kamis 31 Maret 2022.

Kegiatan Pesta Siaga Kwarcab Kota Tegal 2022 secara resmi dibuka oleh Ketua Kwarcab Kota Tegal M Jumadi,ST.,MM didampingi jajaran pengurus Kwarcab Kota Tegal.

Sebagaimana diketahui, Pesta Siaga merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan baik ditingkat ranting, cabang maupun daerah.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Kota Tegal menyampaikan bahwa Pesta Siaga sebagai sarana pembelajaran anak-anak Pramuka usia 7-10 tahun.

“Sesuai dengan perkembangan jasmani dan rohani diusia anak. maka kegiatan Pesta Siaga harus dikemas yang menarik dan menyenangkan. Sehingga kegiatan ini berkesan bagi Pramuka Siaga,” kata Jumadi.

Ditambahkan Jumadi, selama pandemi Covid-19, Kwarcab Kota Tegal telah ikut berpartisipasi dalam pencegahan penanggulangan Covid-19.

Hal itu terbukti dengan pemberian piagam penghargaan dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka atas partisipasinya sebagai duta perubahan perilaku dalam penanggulangan Covid-19 di Kota Tegal.

Pembukaan Pesta Siaga Tingkat Kwarcab Kota Tegal 2022 di Bumi Perkemahan Bahari yang di buka langsung oleh
Ketua Kwarcab Kota Tegal M Jumadi,ST.,MM sekaligus menyematkan tanda peserta kepada anak Wali Kota Tegal yang menjadi sulung dalam upacara pembukaan Pesta Siaga Kwarcab Kota Tegal

“Atas prestasi Pramuka Kota Tegal, kemarin kita mendapatkan piagam penghargaan sebagai duta perubahan perilaku Covid-19. Tentunya ini sangat mensupport agar kita terus berkontribusi bagi Kota Tegal yang kita cintai ini,” ujarnya.

Jumadi didampingi jajaran pengurus Kwarcab Kota Tegal dan Andalan menunjukkan piagam penghargaan dari Kwarnas Gerakan Pramuka
Pesta Siaga kali ini diikuti oleh seluruh Kwartir Ranting (Kwaran) yang ada di Kota Tegal dan masing-masing mengirimkan 6 Gugus Depan (Gudep) putra dan putri.

“Ini diikuti oleh 4 Kwaran yang ada di Kota Tegal dengan peserta dari juara 1, 2 dan 3 putra dan putri dalam Pesta Siaga tingkat Kwaran,” terang Jumadi.

Nantinya, Pesta Siaga tingkat Kwarcab Kota Tegal juga akan memilih juara 1, 2 dan 3 untuk diikutkan dalam Pesta Siaga tingkat Karesidenan Pekalongan.

“Dengan kegiatan seperti ini anak-anak akan tumbuh jiwanya untuk mencintai Pramuka dan pada saat dewasa nanti bisa terbentuk karakter Pramuka yang bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Wakil Wali Kota Tegal.

Jumadi berharap, melalui kegiatan Pramuka, anak-anak akan berlatih berbagai hal yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

“Harapannya kegiatan Pesta Siaga bagi anak-anak bisa melatih untuk disiplin, berbakti kepada orang tua, bisa belajar lebih baik, serta menjalankan nilai-nilai yang terkandung dalam Dwi Satya dan Dwi Darma,” pungkasnya. (red)

 179 total views,  1 views today

Redaksi