Ketua Kwarcab Kota Tegal, M Jumadi, ST.,MM membacakan ikrar pengukuhan Saka Adhyasta Kota Tegal Selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Tegal, M Jumadi, ST.,MM melakukan Pengukuhan Mabisaka dan Pimpinan Saka Adhyasta Pemilu Kota Tegal, bertempat di Kantor Bawaslu Kota Tegal, Kamis sore 16/12/2021.

Hadir juga dalam kegiatan, Ketua Perintis Saka Adhyasta Provinsi Jawa Tengah Mahbrur, S.Pd, Ketua Mabisaka Adhyasta Kota Tegal yang juga Ketua Bawaslu, sejumlah Pengurus Kwarcab Kota Tegal, Pimpinan Saka Adhyasta Kota Tegal serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab yang juga Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi mengatakan Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok dalam menciptakan generasi yang lebih baik dan harus menjadi agen pembangunan nasional.

Disampaikan lebih lanjut, Pimpinan Saka Adhyasta adalah badan kelengkapan kwartir Gerakan Pramuka yang memberikan bimbingan teknis dan bantuan fasilitas serta dukungan lainnya.

Sementara Majelis Pembimbing Saka Adhyasta terdiri dari pejabat utama Bawaslu Kota Tegal, Pimpinan Kwarcab, Pejabat Instansi Pemkot dan tokoh masyarakat yang berjuang dalam pembinaan kesakaan.

“Salah satu upaya membentuk kader semacam itu yaitu dengan membekali peserta didik dengan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang pengawasan atau keadhyastaan pemilu dan ketertiban masyarakat secara umum,” kata Jumadi.

Disebutkan, bahwa untuk memberi wadah kegiatan khusus dalam bidang keadhyastaan perlu dibentuk Satuan Karya Pramuka (Saka) Adhyasta di Kota Tegal.

Dalam kesempatan sama, Ketua Perintis Saka Adhyasta Provinsi Jawa Tengah, Mahbrur mengatakan bahwa pembentukan Saka Adhyasta sudah disetujui Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

“Di Jawa Tengah nantinya diharapkan dapat terbentuk Saka Adhyasta di 35 kabupaten/kota dalam waktu dekat,” ujar Mahbrur.

“Hal ini sebagai sarana dan wahana guna memupuk, membina, mengembangkan dan mengarahkan minat bakat generasi muda terhadap pengawasan dan kamtibmas dalam pemilu,” jelasnya. ( red )

 120 total views,  1 views today

Detak Indonesia