Detakindonesia.com – Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka Kwartir Cabang Kota Tegal bertujuan memberikan bekal keterampilan praktis kepada Calon Pembna Pramuka dalam Satuan Pramuka itu diikuti 145 peserta diantaranya 144 mahasiswa Unnes dan 1 oang dari unsur luar.

Ketua Pramuka Kwartir Cabang Kota Tegal, HM. Jumadi, ST, MM, yang juga Wakil Walikota Tegal, usai memberikan sambutannya, menyampaikan pesannya bahwa mereka para mahasiswa yang mengikuti kursus mahir dasar merupakan calon-calon guru yang setelah mengikuti kursus diharapkan mampu berkontribusi dimanapun mereka mengajar.

Kursus Mahir Dasar yang akan berlangsung selama 6 hari sejak tanggal 6 – 11 Januari 2022 di Kampus PGSD UNES UPP Tegal Jalan Kolonel Sugiono, Kota Tegal, 6 Januari 2022.

“Nantinya mereka mengajar atau memberikan motivasi-motivasi kepada pramuka-pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan seterusnya. Mereka adalah calon guru dan setelah kita beri kursus dulu, mereka nantinya sudah siap setelah lulus dari Unnes, ketika mereka mengajar,” ujar Jumadi kepada Kabar Tegal Pikiran Rakyat usai memberikan sambutan.

Menurut Kak Jumadi, demikian panggilan khas dalam Pramuka juga menyampaikan bahwa kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Kwartir Cabang Kota Tegal merupakan kegiatan pertama se-Jawa Tengah yang mengawali pada tahun 2022.

“Ini kebetulan sekali ini yang pertama di tahun 2022 kita mulai dengan para Mahasiswa dan kursus dilakukan selama enam hari.

Mereka digembleng selama enam hari untuk kursus tingkat mahir dasar kepramukaan oleh kwartir cabang Kota Tegal.

Dan ini juga saya kira kwartir cabang se-Jawa Tengah baru pertama kali diadakan,” lanjutnya

Sementara Sekretaris Pramuka Kwartir Cabang Kota Tegal, Agung Santiaji menjelaska tentang materi Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Kwartir Cabang Kota Tegal Tahun 2022 diantaranya, materi umum tentang fundamenal gerakan pramuka mengikuti sejarah dan tujuan gerakan Pramuka sesuai anggaran dasar rumah tangga.

“Untuk materi khusus tentang teknik membina bagaimana memberi pelajaran untuk peserta didik, siaga, penggalang dan penegak,” ujar Agung.

Kegiatan yang dilaksanakan antaranya selain materi kursus yang dilakukan in door, juga ketrampilan praktis serta kegiatan perkemahan dan kegiatan manajemen out door game (red)

 177 total views,  1 views today

Redaksi