Detakindonesia.com – Wakil Walikota Tegal, HM Jumadi, ST, MM kedatangan juara dunia salah satu genre Esports Pro Evolution Soccer, Muchamad Lucky Ma’arif serta pengurus ESports cabang Tegal di kantor dinas Wakil Walikota, Selasa, 15 Maret 2022 pagi.

Kedatangan mereka yang atas undangan Wakil Walikota tersebut, sekaligus untuk memberikan dukungan pada generasi muda Kota Tegal yang salah satunya dengan mengagendakan event esport dengan sebuah turnamen Pro Evolution Soccer atau PES di Kota Tegal.

Wakil Walikota Jumadi yang juga sebagai Ketua Elecronic Sport Indonesia (ESI) menyampaikan bahwa dirinya mengundang juara Pro Evolution Soccer atau PES itu agar kedepan bersama-sama menggairahkan esport di Kota Tegal.

“Saya undang karena sebagai Ketua umum ESI Kota Tegal, memanggil pemain yang berprestasi karena untuk bersama-sama untuk menggairahkan esport di Kota Tegal,” ujar Jumadi pada Jurnalis Kabar Pesisir, saat ditemui di kantornya, Selasa, 15 Maret 2022.

Menurutnya, dengan kehadiran Muchamad Lucky Ma’arif diharapkan dapat memperkuat skuad Kota Tegal di ajang Pekan Olahraga Nasional kedepan.

“Ini untuk menggairahkan esport di Kota Tegal seperti kemarin kita lakukan turnamen mobile legend dan sebagainya tapi kita belum bisa berhasil di PON, mudah-mudahan dengan adanya mas Lucky bisa mengajak anak-anak muda yang lain bersemangat bahwasannya kita bisa berprestasi kalau kita bersama-sama dan tetap latihan terus,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Jumadi, kedepan esport Kota Tegal akan secara inten mengadakan turnamen karena di tahun 2022, esport Indonesia juga akan menggelar kejuaraan dunia di Bali.

“Makanya mudah-mudahan nanti mas Lucky bisa ikut kejuaraan dunia itu, mumpung ada di Indonesia,. Harapan saya anak-anak Kota Tegal bersemangat untuk bisa berprestasi di esport. Esport juga olahraga yang menjanjikan dan bisa menghasilkan untuk kehidupan pemain esport yang lebih baik,” harap Jumadi.

Sementara itu Muchamad Lucky Ma’arif sang juara dunia esport itu merespond harapan Wakil Walikota Tegal dengan rencana penyelenggaraan turnamen esport di Kota Tegal.

“Ya kita rencanakan Insya Allah setelah lebaran nanti,” ujar Lucky yang pernah menggondol uang Rp750 juta sebagai juara 2 Pro Evolution Siccer dunia di Inggris tahun 2019.

Sebelumnya Muchamad Lucky Ma’arif juga pernah meraih juara 1 turnamen esports PES Asia di Jepang mengalahkan banyak negara se-Asia. Atas kemenangan pada tingkat Asia itulah yang membawanya undangan oleh panitia penyelenggara di Inggris untuk mengikuti kompetisi disana.

Sebagaimana diketahui, Esport atau electronic sports merupakan jenis olah raga berbasis peralatan elektronik seperti personal computer, mobile phone atau HP maupun konsol game seperti Playstation atau Xbox.

Berbagai jenis olah raga elektronik tersebut mengalami perkembangan sedemikian dahsyatnya hingga memunculkan banyak genre dan titel game esports yang dipertandingkan diseluruh dunia dalam format turnamen kecil hingga kejuaraan dunia.

Beberapa jenis genre maupun titel game esports diantaranya seperti MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena yang merupakan satu genre yang terpopuler saat ini. Contoh MOBA seperti DOTA 2, Mobile Legends, League of Legends dan juga Arena of Valor.

Selain MOBA, ada juga jenis FPS/TPS (First Person Shooter – Third Person Shooter) seperti Counter-Strike, Valorant, Call of Duty serta Point Blank.

Selain MOBA dan FPS/TPS yang dimainkan 5 orang lawan 5 orang, ada Game BATTLE ROYALE yang dapat dimainkan tidak hanya 5 orang tapi bisa dimainkan 100 orang sekaligus seperti PUBG PC/Mobile, Free Fire, Apex Legends.

Genre-genre lainnya dalam perkembangannya muncul pula esports Racing & Sports seperti dalam permainan MotoGP, F1, PES, FIFA. Sedangkan untuk jenis Auto Batter contohnya Magic Chess, Chess Rush, Ota Underlords.

Jenis-jenis esports lainnya ada juga Collectable Card Games (CCG), Real Time Strategy (RTS) serta ada pula genre dari esports yakni Fighting Games.(red)

 148 total views,  1 views today

Redaksi