Jokowi, Revitalisasi Lahan Kritis di Daerah Tangkapan Air Waduk Gajah Mungkur

Wonogiri –  Sabtu pagi tadi (15/2)
Presiden Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar kembali memimpin penanaman bersama masyarakat Desa Jatisari, Wonogiri, Jawa Tengah untuk melakukan rehabilitasi lahan dengan penanaman pohon guna menjaga
ketersediaan air dam/waduk Gajah Mungkur.

Lokasi penanaman kali ini dilakukan
di daerah aliran sungai Sub DAS Keduang yang merupakan penyumbang sedimentasi terbesar (1,2 juta m3/tahun) ke Waduk Gajah Mungkur sehingga tiap tahun harus dikeruk, ini harus dilakukan rehabilitasi.

Presiden Jokowi mengajak masyarakat merehabilitasi lahan kritis secara tepat. “Tidak tepat apabila areal kemiringan dan bagian atas sistem lahan hanya ditanami jagung seperti yang ada sekarang, karena
akan longsor dan erosi serta mengalirkan sedimentasi ke waduk,” jelas beliau.

Penanaman pohon dilakukan Presiden
Jokowi bersama 2.170 anggota masyarakat termasuk pramuka dan TNI. Penanaman dengan pola agroforestri dilakukan pada lahan seluas 2,5 hektare dengan tingkat erosi yang tinggi dan masif. Sebanyak 22.500 batang ditanam pada areal bekas longsor dengan pola agroforestri pohon buah-buahan dan porang, sedangkan pada bagian yang curam ditanami vetiver yang bisa mengikat tanah.

Kegiatan hari ini penting untuk mendorong masyarakat memahami sekaligus praktik langsung tentang perlindungan dan rehabilitasi lahan dengan budaya menanam. “Mengajak masyarakat mengubah ini tidaklah mudah, harus disertai pendekatan melalui pamong desa dan komunitas,” ujar Presiden Jokowi.

Kementerian Lingkungan Hidup terus melakukan upaya pemulihan lahan melalui penyediaan bibit melalui persemaian permanen, kebun bibit rakyat, kebun bibit desa disertai upaya mendorong budaya menanam bersama seluruh lapisan masyarakat. (red/foto/Sbm/HMS KLHK)

 148 total views,  2 views today

1 thought on “Jokowi, Revitalisasi Lahan Kritis di Daerah Tangkapan Air Waduk Gajah Mungkur

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.