Tegal – Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST.MM menghadiri upacara Penyerahan Simbul Yudha Wastu Pramuka Jaya dan Peringatan Hari Infanteri Ke 71 Tahun 2019, Kamis (19/12) di Lapangan Sepak Bola GOR Trisanja Slawi.

Mengusung tema Bersama Rakyat Infanteri Kuat.

Sebagai Inpektur upacara yakni Kasdam IV/Diponegoro Brigadir Jenderal TNI Teguh Muji Angkasa. Sedangkan Komandan Upacara Danyonif 407/PK Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar.

Dalam amanatnya, Inpektur upacara Kasdam IV/Diponegoro Brigadir Jenderal TNI Teguh Muji Angkasa membacakan sambutan Komandan Pusat Infanteri Mayor Jendral TNI Teguh Pudjo Rumekso menyampaikan Salah satu catatan Peristiwa pentingnya yang menjadi tonggak sejarah infanteri adalah peristiwa saat menghadapi Agresi Militer Belanda II tanggal 19 Desember 1948.

Panglima Besar Jendral Sudirman mengeluarkan perintah Kilat No 1/PB/D/1948 dan menjalankan perintah siasat No.1/1948 tanggal 12 Juni 1948 dengan melaksanakan perang rakyat semesta pasukan yang yang hijrah melaksanakan aksi wingate ( infiltrasi ) dengan cara long march kembali ke wilayah masing-masing dan membe ( kantong-kantong kekuatan ) sebagai titik-titik kuat pertempuran gerilya.

Tema peringatan Hari Infanteri ini, ucap Kasdam IV/Diponegoro, kita jadikan sebagai komitmen bersama untuk benar dipahami dan dihayati seperti diimplementasikan melalui langkah dan tindakan nyata secara konsisten sesuai dengan peran tugas dan fungsi serta tanggung jawab masing-masing dalam mendukung pencapaian tugas pokok TNI Angkatan DaratDarat

“Tantangan tugas kedepan semakin kompleks dan dinamis respon dalam menyikapi hal tersebut telah direalisasikan secara bertahap dengan melakukan transformasi dan modernisasi alutsista Infanteri guna memberikan semangat baru.

Oleh karena itu mari kita mantapkan langkah guna mewujudkan Infanteri yang maju modern dan berkelas dunia dengan berbuat yang terbaik berani tulus dan ikhlas,” pungkas Kasdam IV/Diponegoro.(red/hm/tim)

91 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.