Gunakan 30 Kapal, Nelayan Pantura Melaut ke Natuna, Dedy Yon: Tetap Jaga kondusifitas

Tegal – Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM bersama Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenkopulhukam Mayjen TNI Rudianto di Komplek Pelabuhan Perikanan Kota Tegal. Rabu (5/3) Saksikan keberangkatan Nelayan Pantai Utara Jawa (Pantura) untuk melaut ke Natuna.

Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM mengatakan bahwa nelayan yang dilepas melaut ke Natuna kali ini berjumlah kurang lebih 900 orang dengan menggunakan 30 kapal berukuran besar. Di Natuna para nelayan tersebut dikatakan walikota akan melaut selama kurang lebih 2 bulan.

Dirinya berharap dengan hadirnya nelayan Pantura di Natuna selain sebagai bentuk meneguhkan kedaulatan RI di laut Natuna Utara juga mampu mendapat hasil ikan yang melimpah yang dapat meningkatkan perekonomian nelayan baik di Kota Tegal maupun di kawasan Natuna sendiri. Karena itu kepada nelayan walikota kemudian berpesan agar tetap menjaga kondusifitas dengan nelayan lokal.

“Jaga hubungan baik dengan nelayan lokal, bantu jika mereka ada masalah,” pesannya. Tidak lupa walikota juga mengingatkan nelayan agar membawa perbekalan seperti obat – obatan dan juga makanan yang memadai misi melaut ke Natuna dapat lancar hingga pulang kembali Ke Kota Tegal.

Mayjen TNI Rudianto mengatakan pengiriman nelayan ke Laut Natuna Utara sebagai bagian dari menjaga kedaulatan negara. China ditegaskan Rudianto tidak punya hak atas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di Laut Natuna Utara.

“Karena itu kita harus hadir, selain untuk mencari bisa mencari ikan juga untuk menjaga kedaulatan NKRI di Natuna,”ucapnya. Bahkan ditegaskan dirinya, pemberangkatan ratusan nelayan pantura kali ini merupakan sejarah baru Indonesia, karena baru kali ini nelayan akan dikawal institusi keamanan negara dalam melaut.

Sedangkan Riyono selaku perwakilan nelayan kemudian meminta doa agar dirinya beserta 900 nelayan lainnya dapat lancar selama melaut di Natuna. Selain mencari ikan, kehadirian mereka di Natuna bukti nelayan mampu memperkuat NKRI. “Kami Nelayan siap bantu pemerintah menjadi solusi dalam berbagai problem di lautan Indonesia, menjaga kedaulatan NKRI,”tegasnya.

Ikut hadir dalam pelepasan Nelayan Pantura ke Laut Natuna Utara Direktur Perizinan dan Kenelayanan Ditjen Perikanan Tangkap KKP Ridwan Mulyana. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jateng Ir. Fendi awan Tiskiantoro, M. Si. Danrem 071/Wijayakusuma Kol. Kavaleri Dani Wardana, Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari Ir. Dewi Irianti, beserta Forkopimda Kota Tegal.(red/tim)

 353 total views,  2 views today

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.