Media Network

30 November 2020

From Local to Global, Jumadi: Peran UMKM Harus Mampu Beradaptasi dengan Era Digitalisasi

2 min read

Tegal – Beberapa langkah yang telah diambil Pemkot Tegal dalam memulihkan perekonomian diantaranya dengan mengoptimalkan ekonomi kerakyatan dengan menerapkan protapkes new normal pada setiap kegiatan, gerakan belanja produk lokal, serta penggunaan konsep cashless economy atau pasar online dan peningkatan perkembangan perekonomian serta pembangunan Kota Tegal mampu menjadi daya tarik pengusaha dari berbagai Negara lebih menjadi investor di Kota Tegal.

Untuk dapat bangkit kembali pasca pandemi Covid-19 guna mendorong pemulihan ekonomi daerah dan nasional, mengingat kontribusi UMKM terhadap serapan tenaga kerja tinggi, untuk itu beberapa langkah telah diambil Pemkot Tegal dalam memulihkan perekonomian.

Agar pertumbuhan ini dapat berjalan secara lebih massif, tentunya dibutuhkan pula kemampuan dan kemauan berkembang dari para pelaku UMKM dan IKM di Kota Tegal. Salah satu diantaranya adalah beradaptasi dengan era digitalisasi ekonomi.

Digitalisasi ini merupakan momentum transformasi dan diversifikasi pola pemasaran yang dapat dilakukan oleh UMKM dan IKM Kota Tegal, sehingga produk-produk Kota Tegal tidak hanya diketahui oleh warga lokal namun juga nasional bahkan internasional.

Walaupun untuk menempuh transformasi digitalisasi ini, para pelaku UMKM dan IKM mungkin akan menghadapi berbagai kendala, diantaranya kendala packaging, branding dan teknik marketing untuk meningkatkan order, artinya ada kemauan untuk menambah wawasan dan ide kreatif agar dapat bangkit dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Tegal, Muhamad Jumadi ST MM dalam Webinar UMKM Bangkit, From Local to Global (OJK) yang di adakan di Hotel Karlita Kota Tegal, Kamis (22/10/2020),

Ada tiga hal penting bagi perekonomian dalam bidang keuangan yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendorong proses pemulihan ekonomi nasional, dan untuk mendukung daya tahan ekonomi masyarakat dalam kondisi apapun.

Untuk mendukung upaya peningkatan tersebut Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) juga terus mendorong pengembangan ekosistem digital akses produk dan layanan jasa keuangan sehingga mempermudah dan meningkatkan daya jangkaunya ke pelosok daerah.

Tingkat kemampuan investor lokal untuk mendominasi pasar modal bergantung pada kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk menanamkan modal. Oleh sebab itu, dalam mengurangi dominasi asing, OJK akan terus menggalakkan sosialisasi serta edukasi untuk mendorong tingkat literasi keuangan di kalangan masyarakat.

Lebih lanjut dalam Webinar UMKM Bangkit, From Local to Global (OJK) yang di adakan di Hotel Karlita Kota Tegal, Wakil Walikota Tegal, Muhamad Jumadi ST MM menegaskan, bangkitnya pelaku UMKM merupakan pergerakan dalam pemulihan perekonomian Kota Tegal.

Dirinya berharap, para pelaku UMKM di Kota Tegal agar terus bergerak dan berekspresi menciptakan berbagai kreasi untuk meningkatkan perekonomian lokal, khususnya di Kota Tegal.

Meskipun kita ketahui masa pandemi ini belum berakhir, namun upaya upaya dalam meningkatkan dan memulihkan perekonomian harus tetap dilakukan, sehingga perekonomian masyarakat Kota Tegal tetap stabil.

Harapannya, dengan berbagai upaya yang telah digagas dan dilakukan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. (Red)

 375 total views,  6 views today