Media Network

30 November 2020

Forum Rembug, Suswoyo Haris Sebut SWAT Bukan Lembaga Maupun Komunitas PERS

2 min read

TEGAL – Wartawan atau jurnalis atau pewarta adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dikirimkan/dimuat di media massa secara teratur. Kode Etik Jurnalistik adalah himpunan etika profesi kewartawanan.

Wartawan selain dibatasi oleh ketentuan hukum, seperti Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999, juga harus berpegang kepada kode etik jurnalistik. Tujuannya adalah agar wartawan bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya, yaitu mencari dan menyajikan informasi

Solidaritas Wartawan Tegal (SWAT) merupakan forum rembug penyambung silahturahim, bahkan Suswoyo pengagas acara dalam sambutannya menjelaskan SWAT bukan lembaga, Komunitas atau apapun terkait keberadaan lembaga kewartawanan, namun menitik beratkan pada penyediaan ruang untuk berkomunikasi bertukar pikiran maupun menjadi wadah ajang silahturahim para jurnalis dan kolumnis.

Suswoyo Haris pelopor Kegiatan menambahkan keberadaan SWAT sebagai Forum Rembug para Jurnalis ini merupakan bentuk menyatukan para jurnalis di Kabupaten Brebes, Tegal, Slawi Pemalang, sehingga kedepannya dapat menjadikan jurnalis lebih profesional dalam menjalankan tugas, saling menghormati serta pererat paseduluran.

Sedangkan Samsudin Anhar Jurnalis gaek ini, menyampikan belakangan ini sering muncul informasi adanya peristiwa sesama wartawan yang sakit dan meninggal dunia pun seolah terasing.

“Mereka seolah hidup tanpa jiwa korsa terhadap sesama wartawan, sehingga sungguh memprihatikan saya melihat kondisi semacam ini, ” paparnya

Namun hal ini juga tidak terlepas dari faktor kondisi kehidupan mereka dalam posisi yang dilematis disamping faktor lain, seperti karena kesibukan, kurangnya komunikasi sesama insan pers atau kurangnya jalinan silaturohim

Selanjutnya Narasumber H.Tambari Gustam, Lutfi AN, Samsudin, Agus Sulardi sepakat bila pertemuan SWAT ini ditindak lanjuti dengan agenda yang lebih positif lagi dan menyepakati pembentukan untuk kepanitian acara selanjutnya dibulan berikutnya untuk kelangsungan kegiatan menetapkan H Tambari Gustam sebagai ketua, Suswoyo Haris sebagai Wakil Ketua, Lutfie AN sebagai Sekretaris, Agus Sulardi sebagai bendahara, Samsudin sebagai penasehat. (Redaksi/tim)

 222 total views,  3 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *